in

3 Cara Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun

Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun
Photo by Caroline Hernandez on Unsplash

Semua orang pasti akan pensiun pada waktunya. Hal ini adalah tanda dari berakhirnya masa produktif anda. Anda sudah tidak akan lagi dihantui oleh tugas, kewajiban kantor, rapat, dan-lain-lainnya. Banyak orang yang menantikan waktu pensiun mereka, akan tetapi mereka juga terkadang bingung karena tidak adanya sumber pendapatan. Kebingungan itu akan terjadi jika anda tidak mempersiapkan kehidupan finansial anda setelah pensiun. Berikut adalah 3 cara yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan tabungan dana pensiun seperti yang dilansir oleh koinworks.com.

3 Cara Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun

  1. Persiapkan Dana Sejak Dini. Jika anda sudah mempersiapkan dana pensiun sejak dini, uang yang anda terima di masa pensiun juga akan semakin banyak. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan sampai menunda untuk menabung uang anda. Lebih lagi jika anda bisa menyisihkan sebagian dana yang anda miliki selama masa produktif untuk invesatasi. Hal tersebut akan membuat perencanaan dana pensiun menjadi lebih mudah.
  2. Alokasikan Dana Untuk InvestasiSetelah anda mempersiapkan tabungan anda, ada baiknya anda sisihkan sebagian uang anda ketika masa produktif untuk melakukan investasi. Dengan melakukan investasi, anda bisa melindungi nilai uang anda dari inflasi yang pasti akan terjadi. Ada banyak sekali jenis investasi mulai dari yang berisiko tinggi hingga berisiko rendah. Sesuaikanlah investasi anda dengan risk tolerance dan kemampuan anda. Selain itu anda juga bisa melakukan investasi safe haven atau investasi jangka panjang yang rendah risiko seperti tanah, properti, atau emas.
  3. Berinvestasi Dengan Konsisten. Setelah anda berinvestasi, sebisa mungkin lakukanlah investasi tersebut dengan konsisten. Hasil dari investasi tidak dapat terlihat dalam waktu dekat sehingga anda harus sabar dan konsisten ketika berinvestasi. Ada kalanya anda akan melihat nilai investasi menurun, namun hal itu adalah hal yang wajar. Anda harus sabar dan cermat mengamati agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai keinginan anda.
Baca Juga  6 Cara Mengajarkan Anak Berinvestasi
6 Tips Menabung dana Investasi

6 Tips Menabung Dana Investasi

MIA FintechFX yang terbukti Scam Sejak 2019

MIA FintechFX yang terbukti Scam Sejak 2019