in

6 Tips Untuk Melakukan Investasi Properti

Tips Investasi properti
Photo by Alex D'Alessio on Unsplash

Karena kebutuhan akan rumah semakin besar tiap tahunnya, investasi properti adalah salah satu investasi yang paling banyak dicari oleh orang-orang. Hal ini banyak dilakukan karena invesatsi properti memiliki imbal balik yang cukup besar. Keuntungan yang didapatkan ketika melakukan investasi properti adalah sewa berjangka dan capital gain. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Berikut adalah 6 tips untuk melakukan investasi properti seperti yang dilansir oleh koinworks.com.

6 Tips Untuk Melakukan Investasi Properti

  1. Lihat Kondisi Keuangan Sebelum Berinvestasi Properti. Target dari melakukan investasi ini adalah mendapatkan keuntungan berupa capital gain dan sewa berjangka. Keuntungan yang diberikan memang menggiurkan, akan tetapi anda juga harus meihat kondisi keuangan anda sebelum melakukan investasi ini. Anda harus mempersiapkan uang untuk melakukan DP dan cicilan rutin tiap bulan. Cicilan rutin tersebut idealnya adalah 30 persen dari gaji anda. Jangan paksa diri anda jika kondisi keuangan anda belum memungkinkan untuk melakukan investasi ini.
  2. Lokasi dan Jenis Properti Adalah Kunci. Jenis atau tipe rumah dan lokasi adalah hal yang harus anda pertimbangkan sebelum melakukan investasi properti. Jika lokasinya tidak strategis, penyewa juga akan enggan untuk menyewa di tempat tersebut. Sebagai contoh jika anda memilih pasar karyawan kantoran, usahakan pilih lokasi yang dekat dengan area bisnis dan memiliki fasilitas yang cukup memadai.
  3. Modal Harus Siap Untuk DP. Pembayaran DP rumah biasanya 10-20 persen dari total harga rumah. Jika anda bisa mempersiapkan dana DP lebih besar daripada minimal pembayaran, cicilan perbulannya pun akan lebih kecil. Oleh karena itu anda membutuhkan persiapan yang matang sebelum melakukan investasi ini.
  4. Jangan Terpaku Pada 1 Metode Pembiayaan. Yang dimaksud dari tips ini adalah jangan hanya mempersiapkan pnjaman hanya dari bank untuk membeli properti. Ada baiknya anda mencoba melakukan investasi dengan crowdfunding yang ada. Keuntungan yang anda dapatkan sebanding dengan persentase dana yang anda kucurkan. Oleh karena itu cobalah cari metode pembiayaan lain yang kiranya cocok dengan anda.
  5. Menyiapkan Diri. Setelah anda memiliki properti tersebut, anda harus menyiapkan berapa harga sewa perbulannya. Anda bisa menentukan harga dari lokasi, fasilitas, dan lainnya. Selain itu berikan aturan kepada penyewa agar penyewa bisa menjaga properti anda.
  6. Asuransikanlah Rumah Anda. Asuransi adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko dalam investasi ini. Jika terjadi musibah atau hal yang tidak diinginkan, anda memiliki hak klaim sehingga anda akan merasa lebih nyaman ketika melakukan investasi ini.
Baca Juga  Menyiapkan Passive Income untuk Masa Pensiun
Investasi optimal

5 Hal yang Harus Dihindari Agar Investasi Optimal

Motivasi melakukan investasi

4 Motivasi Agar Anda Segera Melakukan Investasi