in

6 Tips Menabung Dana Investasi

6 Tips Menabung dana Investasi
Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Banyak orang yang bingung untuk memulai investasi, terutama jika orang tersebut belum memiliki dada yang cukup. Hal tersebut membuat orang menjadi menunda melakukan investasi. Padahal keuntungan melakukan investasi sejak dini cukup besar. Akan tetapi anda masih bisa mempersiapkan dana investasi melalui tips-tips ini. Berikut adalah 6 tips menabung dana investasi seperti yang dilansir oleh koinworks.com.

6 Tips Menabung Dana Investasi

  1. Menyisihkan Sebagian Pendapatan Anda. Cara mempersiapkan dana investasi yang paling mudah adalah dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan anda. Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda setelah anda membayar kewajiban bulanan anda. Anda bisa memulai menyisihkan 10 persen dari pendapatan anda untuk berinvesatsi. Jika pendapatan anda semakin besar, persentase dana investasi anda juga bisa diperbesar menjadi 20 atau 30 persen.
  2. Bekerja Lepas Waktu. Bekerja secara lepas waktu atau freelance adalah salah satu cara untuk mempersiapkan dana untuk investasi anda. Sebagai contoh, anda memiliki hobi desain grafis, anda bisa mencari pekerjaan freelance di internet yang berbayar dolar. Dengan itu anda bisa mempersiapkan dana investasi sembari menabung nilai dolar.
  3. Melakukan Bisnis. Anda juga bisa menggunakan uang yang anda sisihkan sebagian untuk melakukan bisnis. Hal ini bisa memang membutuhkan proses yang panjang dan modal yang cukup besar. Akan tetapi jika anda bisnis tersebut bisa berjalan dengan mulus dan konsisten, pendapatan dari bisnis tersebut bisa anda gunakan untuk mempersiapkan dana investasi anda yang lain.
  4. Jual Barang yang Tak Berguna. Jika anda memiliki barang yang tak berguna namun masih bagus, anda bisa menjualnya untuk mempersiapkan modal investasi. Sebagai contoh anda memiliki konsol video game yang jarang anda mainkan, anda bisa menjualnya di berbagai forum jual beli yang ada di internet. Anda bisa menggunakan uang yang anda dapatkan dari menjual barang tersebut untuk persiapan anda berinvestasi.
  5. Jika Punya Rumah, Sewakan Tempat Kosong. Jika anda memiliki rumah, anda bisa menyewakan kamar atau ruangan kosong di rumah anda untuk kamar kos-kosan atau coworking space. Anda bisa melakukan ini dengan berpromosi di media sosial yang ada. Hal ini juga bisa memberikan passive income bagi anda.
  6. Berhemat. Berhemat adalah hal yang paling fundamental dalam mempersiapkan dana investasi. Anda bisa mengurangi menonton film di bioskop atau nongkrong bersama teman untuk mempersiapkan dana investasi anda. Jika anda dalam sebulan pergi ke bisokop 4 kali, anda bisa menguranginya dengan pergi ke bioskop 1 atau 2 kali saja dalam sebulan.
Baca Juga  Susah Berhemat? Coba Trik Psikologis Berikut!
4 manfaat investasi saham untuk millenial

4 Manfaat Menabung Investasi Saham Untuk Millenial

Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun

3 Cara Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun