in

4 Hal yang Harus Diingat Sebelum Crowdfunding Properti

4 hal yang harus diingat sebelum crowdfunding properti
Picture by mastersenaiper on Pixabay

Berinvestasi properti jaman sekarang dianggap lebih mudah karena adanya sistem crowdfunding. Melalui sistem ini, anda dan beberapa investor lainnya akan mendanai satu properti atau melakukan patungan untuk satu properti. Hal ini membuat banyak investor yang bermodal kecil bisa melakukan investasi properti. Investasi ini juga cocok dilakukan untuk para investor yang ingin mengurangi biaya perawatan dan legalitas properti. Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan investasi ini. Berikut adalah 4 hal yang harus diingat sebelum crowdfunding properti seperti yang dilansir oleh kpr.online.

4 Hal yang Harus Diingat Sebelum Crowdfunding Properti

  1. Jangan Lupa Pahami Skema Investasi. Sebelum anda berkecimpung ke dalam investasi ini, ada baiknya pahami dulu bagaimana cara kerja investasi ini. Anda bisa menanyakan secara detail kepada orang yang membuka crowdfunding tersebut. Selain itu anda juga memiliki hak untuk menanyakan tentang keuntungan dan jaminan yang didapatkan dari investasi ini. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko adanya investasi bodong.
  2. Crosscheck Profil Pembuat Crowdfunding. Ada juga perlu melakukan crosscheckterhadap pembuat profil dari crowdfunding tersebut. Anda harus memastikan bahwa penyelenggara mempunyai track record yang baik. Anda bisa mencoba mendatangi kantor dari penyelenggara crowdfunding untuk memastikan akan sah atau tidaknya crowdfunding ini. Anda harus melakukan hal ini untuk menghindari adanya penipuan yang bisa membuat uang anda hangus.
  3. Crosscheck Properti yang akan Diinvestasikan. Setelah anda sudah melakukan crosscheck terhadap pembuat crowdfunding, selanjutnya anda bisa melakukan crosscheck terhadap properti yang ada. Anda harus memastikan bahwa propertinya sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penyelenggara crowdfunding. Anda juga bisa langsung mengunjungi lahan properti tersebut untuk menghindari risiko terjadinya penipuan. Dengan mengunjungi properti tersebut, anda juga bisa menilai potensi dari properti tersebut.
  4. Jangan Menggelontorkan Dana yang Terlalu Besar. Sebisa mungkin jangan menggelontorkan dana yang terlalu besar. Hal ini dilakukan karena anda tidak bisa mencairkan imbal balik investasi kapan saja. Anda harus menunggu waktu sesuai dengan kesepakatan yang disetujui oleh anda dan penyelenggara crowdfunding tersebut.
Baca Juga  Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!
Perusahaan Sekuritas Terbaik: BNI Sekuritas

BNI Sekuritas, Salah Satu Perusahaan Sekuritas Terbaik

Efek Financial Check Up

3 Efek Melakukan Financial Check Up