in

5 Tips Investasi Ibu Rumah Tangga

Tips Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga
Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash

Belakangan ini investasi menjadi minat untuk banyak orang, tak terkecuali ibu rumah tangga. Walaupun terkadang ibu rumah tangga tidak mempunyai penghasilan aktif, ibu rumah tangga biasanya memiliki skill pengelolaan uang yang baik. Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik, kondisi keuangan dalam rumah tangga bisa porak poranda jika ada kesalahan dalam pengambilan keputusan. Hal ini membuat ibu rumah tangga bisa menjadi investor yang handal. Berikut adalah 5 tips investasi ibu rumah tangga seperti yang dilansir oleh koinworks.com.

5 Tips Investasi Ibu Rumah Tangga

  1. Persiapkan Dana Darurat. Jika masih belum memiliki rekening untuk tabungan, anda bisa memulainya dengan mempersiapkan dana darurat. Dana darurat adalah uang yang disimpan untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak direncanakan. Sebisa mungkin tabunglah dana darurat untuk membiayai kehidupan selama 6 bulan. Jika anda memiliki dana darurat, anda tidak perlu lagi khawatir jika terjadi sesuatu yang di luar kendali anda. Hal ini akan membuat anda semakin siap untuk melakukan investasi.
  2. Jangan Lupa Persiapkan Asuransi. Selain mempersiapkan dana darurat, anda juga butuh untuk mempersiapkan asuransi. Asuransi yang paling penting untuk dipersiapkan adalah asuransi jiwa untuk suami. Asuransi tersebut sangat penting jika tiba-tiba suami anda tidak bisa bekerja karena meninggal atau keadaan tertentu. Selain itu anda juga bisa mempersiapkan asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Carilah asuransi yang memiliki premi terjangkau namun kualitas masih bagus. Hal tersebut dilakukan agar tabungan anda tidak terkuras ketika anda tiba-tiba harus membayar biaya rumah sakit.
  3. Uang Bulanan dari Suami Bisa Disisihkan Sebagian Untuk Investasi. Uang bulanan dari suami bisa dimanfaatkan sebagian untuk melakukan investasi. Hal ini dikarenakan jaman sekarang sudah cukup banyak jenis investasi yang memiliki modal cukup kecil. Anda bisa melakukan investasi reksa dana atau Peer to Peer Lending. Kedua jenis investasi ini memiliki modal awal yang cukup kecil, yaitu sekitar Rp100.000.
  4. Jika Sempat, Lakukan Pekerjaan Sampingan. Jika anda memiliki waktu luang, anda bisa mencoba melakukan pekerjaan sampingan. Belakangan ini sudah banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote, sehingga anda bisa melakukannya tanpa harus keluar rumah. Hasil dari pekerjaan sampingan ini bisa anda gunakan untuk melakukan investasi.
  5. Jangan Lelah Belajar. Sebisa mungkin tingkatkan pengetahuan anda tentang ilmu finansial dan investasi. Hal ini akan sangat membantu keuangan rumah tangga anda dan keuangan rumah tangga bisa menjadi makin optimal.
Baca Juga  Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!
Efek Financial Check Up

3 Efek Melakukan Financial Check Up

Tips Membatasi Pengeluaran

7 Tips Jitu Membatasi Pengeluaran