in

7 Tips Jitu Membatasi Pengeluaran

Tips Membatasi Pengeluaran
Photo by Erik Mclean on Unsplash

Pengeluaran adalah hal yang wajar terjadi dalam kehidupan finansial. Akan tetapi banyak sekali orang yang melakukan pengeluaran dengan tidak sadar. Mereka terkadang melakukan pengeluaran yang cukup besar sehingga kebutuhan primernya menjadi tidak terpenuhi. Jika seseorang melakukan hal ini secara terus menerus, target keuangan di masa depan dan financial freedom bisa saja tidak akan tercapai. Impian untuk melakukan investasi juga makin jauh. Jangan sampai pengeluaran yang berlebihan menjadi hambatan untuk mencapai impian keuangan. Berikut adalah 7 tips jitu membatasi pengeluaran seperti yang dilansir dari koinworks.com.

7 Tips Jitu Membatasi Pengeluaran

  1. Jangan Mengambil Uang dari ATM Terlau Banyak. Sebisa mungkin ambil uang sesuai kebutuhan ketika melakukan belanja bulanan. Belanja bulanan adalah hal yang rutin dilakukan sehingga anda sudah paham dengan nominal uang yang dibutuhkan. Selain itu usahakan jangan membawa kartu debit atau kartu kredit. Hal ini dikarenakan orang cenderung menggunakan kartu tersebut jika belanjaan ada di luar budget. Dengan meninggalkan kartu debit atau kredit, anda akan lebih memperhitungkan belanjaan anda sehingga pengeluaran akan menjadi optimal.
  2. Pahami Keinginan Anda Berbelanja. Banyak orang yang tidak sadar tentang keinginan ketika berbelanja. Manusia memiliki kecenderungan untuk berbelanja ketika sedang emosi atau sedang bosan. Sebagai contoh, terkadang anda membeli makanan atau minuman ringan ketika anda sedang menunggu teman atau pacar anda di Mall. Dengan melakukan identifikasi terhadap keinginan anda, pengeluaran yang anda lakukan bisa lebih diatur.
  3. Buatlah Daftar Belanjaan. Dengan adanya daftar belanjaan, anda akan lebih terfokus ketika berbelanja. Sebisa mungkin tulislah daftar belanjaan agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Hal ini membuat uang anda tidak akan tergerus oleh pengeluaran yang tidak penting dan anda bisa mengalokasikan dana anda ke hal lain seperti investasi.
  4. Jangan Mudah Tergiur. Ketika anda melihat diskon di toko yang anda suka, anda pasti lebih mudah tergiur untuk berbelanja di toko tersebut. Oleh karena itu anda harus bisa menahan diri anda agar tidak lapar mata ketika berbelanja.
  5. Beritakan Kepada Orang Terdekat. Jika anda mudah lapar mata saat berbelanja, beritahukan hal ini kepada orang terdekat anda. Hal ini dilakukan agar mereka bisa mengingatkan anda agar tidak melakukan pengeluaran yang berlebihan.
  6. Catat Benda yang Sudah Dimiliki. Ada baiknya sebelum berbelanja bulanan, anda cek dulu barang-barang yang ada di kulkas atau tempat penyimpanan. Anda bisa mencatat atau memfoto barang di kulkas anda sebelum berbelanja. Hal Ini dilakukan untuk mengurangi pengeluaran yang berlebihan dengan membeli barang yang sama.
  7. Sediakan Uang Untuk Hobi Anda. Hal yang paling penting dalam membatasi pengeluaran adalah anda sudah mempersiapkan anggaran untuk hobi anda. Jika anda sudah menyiapkan anggaran sendiri untuk hobi anda, uang yang sudah dipersiapkan untuk belanja tidak akan tergerus.
Baca Juga  5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui
Tips Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

5 Tips Investasi Ibu Rumah Tangga

Tips mengalokasikan dana untuk hobi

3 Cara Mengalokasikan Dana Untuk Hobi