in

3 Cara Mengalokasikan Dana Untuk Hobi

Tips mengalokasikan dana untuk hobi
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Hobi adalah yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Akan tetapi terkadang hobi bisa mengganggu kehidupan finansial seseorang. Bisa saja uang yang didapatkan dari bekerja keras selama sebulan bisa habis untuk memenuhi hasrat dalam berhobi. Pada dasarnya tidak ada salahnya seseorang untuk memiliki hobi, namun anda harus bisa cermat untuk mengalokasikan dana yang ada. Berikut adalah 3 cara mengalokasikan dana untuk hobi yang dilansir dari koinworks.com.

3 Cara Mengalokasikan Dana Untuk Hobi

  1. Jangan Lupakan Kebutuhan Primer. Tujuan utama seseorang dalam bekerja adalah untuk memnuhi kebutuhan hidupnya. Jangan sampai hobi yang membuat anda senang malah membuat anda menjadi sengsara karena kebutuhan primer anda tidak terpenuhi. Oleh karena itu ada baiknya anda memprioritaskan gaji anda untuk membayar kebutuhan primer anda. Jangan sampai uang anda habis duluan tanpa melakukan pembayaran kos, makan, listrik, air, dan tagihan yang lain. Selain itu anda juga bisa melakukan penghematan agar hobi anda tetap bisa dilakukan. Sebagai contoh, jika jaraknya tidak terlalu jauh anda bisa mencoba jalan kaki ketika pulang atau pergi dari kantor.
  2. Buat Anggaran Khusus. Hobi memang bukanlah hal yang murah. Banyak sekali hobi yang membutuhkan modal yang cukup besar seperti video game, fotografi, bersepeda, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin anda harus membuat anggaran khusus untuk hobi anda agar uang untuk kebutuhan yang lain tidak tergerus. Semisal anda menyisihkan Rp500.000 tiap bulannya untuk hobi anda. Jika sudah melebihi budget tersebut, jangan mengambil uang dari anggaran lain untuk memenuhi kebutuhan hobi anda.
  3. Jika Mampu, Jadikan Bisnis Sebagai Hobi. Jika anda mampu, gunakan hobi anda sebagai sumber penghasilan. Jika anda memiliki hobi action figure, anda bisa membuka komisian untuk melakukan perakitan action figure tersebut. Jika anda memiliki hobi bermain video game, anda bisa menggunakan platform video streaming untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal tersebut dilakukan agar uang yang anda gelontorkan untuk hobi anda tidak menjadi suatu hal yang sia-sia.
Baca Juga  Kehilangan Paspor Saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!
Tips Membatasi Pengeluaran

7 Tips Jitu Membatasi Pengeluaran

Peluang Bisnis SPBU di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis SPBU di Tengah Pandemi Covid-19