in

Pengertian Passive Investor untuk Pemula

Pengertian dari passive investor
Photo by bruce mars on Unsplash

Ketika melakukan investasi, seseorang biasanya dibagi dalam dua tipe, investor pasif atau investor aktif. Kedua tipe ini memiliki dibedakan berdasarkan target, karakteristik, dan metode investasi. Kedua tipe investor ini memiliki plus minusnya masing masing. Dalam artikel ini, pengertian dari passive investor atau investor pasif akan dibahas.

Pengertian dari Passive Investor untuk Pemula

Menurut penjelasan dari koinworks.com, passive investing adalah salah satu strategi investasi yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang. Dalam strategi ini investor bakal menahan biaya untuk melakukan pembelian dan penjualan di level minimum.

Hal yang harus dipertimbangkan dalam melakukan investasi ini adalah mengurangi pembiayaan dan pengurangan performa yang mungkin saja terjadi ketika berinvestasi. Investor pasif lebih sering menargetkan keuntungan yang didapatkan tidak terjadi dengan cepat.

Dalam passive investing, investor tidak melakukan satu kali investasi untuk mendapatkan keuntungan. Dalam passive investing, investor akan melakukan penambahan aset secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Seorang investor pasif lebih cenderung melakukan investasi yang berjangka panjang. Selain itu jumlah dana yang dialokasikan dalam melakukan investasi benar-benar dibatasi. Hal ini dilakukan agar investasi yang dilakukan menjadi lebih hemat dan optimal.

Baca Juga  Prinsip Orang Kaya yang Harus Ditanamkan pada Anak

Mentalitas untuk melakukan buy and hold adalah hal yang krusial bagi investor pasif. Ketika seorang investor pasif melakukan investasi saham, dia harus bisa menahan diri untuk melakukan reaksi terhadap berbagai gejolak yang ada di pasar saham. Keuntungan dari investasi saham secara pasif adalah memiliki kepemilikan saham yang cukup banyak. Dengan memiliki saham yang cukup banyak, investor bisa memperoleh keuntungan secara berkala dari dividen.

Dalam berinvestasi, investor pasif memiliki kecenderungan untuk melakukan pengawasan terhadap keuntungan yang didapatkan. Investor pasif cenderung tidak mengindahkan penurunan yang terjadi dalam jangka pendek. Walaupun penurunan yang terjadi cukup tajam, mereka cenderung untuk mengabaikan penurunan tersebut.

Menjadi passive investor sangat cocok bagi anda yang memiliki target investasi dalam jangka panjang dan tidak ingin mengeluarkan dana yang terlalu banyak. Selain itu menjadi passive investor juga cocok untuk seseorang yang tidak ada waktu untuk belajar dan tidak terlau peduli tentang performa investasi jangka pendek

6 Cara Mengajarkan Anak Berinvestasi

6 Cara Mengajarkan Anak Berinvestasi

Pengertian dari Active Investor

Pengertian Active Investor untuk Pemula