in

Pengertian Active Investor untuk Pemula

Pengertian dari Active Investor
Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Ada dua jenis investor di dunia investasi, investor pasif dan investor aktif. Perbedaan yang paling mendasar dari kedua tipe ini adalah target, karakteristik, dan metode investasi. Baik investor pasif maupun investor aktif memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam artikel ini, pengertian dari active investor akan dibahas.

Pengertian dari Active Investor

Dilansir dari koinworks.com, active investng adalah strategi investasi dengan melakukan investasi secara terus menerus. Investor aktif memiliki kecenderungan untuk memantau seluruh kegiatan yang terjadi di pasar. Selain itu, performa investasi juga dilihat secara berkala untuk mencari peluang keuntungan yang bisa terjadi kapan saja.

Investor aktif selalu melakukan kegiatan investasi yang dilakukan secara aktif. Tak jarang investor aktif membutuhkan bantuan dari Manajer Investasi (MI) untuk melakukan membantu mengatur portofolio investasi.

Ketika melakukan investasi saham contohnya, investor aktif harus memiliki skill untuk membaca pergerakan yang terjadi di pasar. Skill tersebut harus dimiliki agar investor tersebut dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan jual beli saham. Skill untuk membaca prediksi adalah skill yang harus dikembangkan agar bisa menjadi investor aktif yang sukses.

Baca Juga  4 Manfaat Fintech yang Anda Harus Tahu

Dalam melakukan investasi, investor aktif membutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang investor pasif. Hal ini bisa dilihat ketika seorang investor melakukan jual beli saham. Investor aktif bakal lebih sering melakukan jual beli ketimbang investor pasif, dan tiap transaksi ada biaya yang harus diberikan. Oleh karena itu dana yang dibutuhkan cenderung lebih besar.

Selain itu investor aktif memiliki risk tolerance yang lebih tinggi ketimbang investor pasif. Investor aktif cenderung memilih investasi yang memiliki sifat high risk high return. Oleh karena itu skill yang disebutkan diatas sangat penting bagi investor aktif. Jika investor aktif kurang bisa membaca prediksi dan perkembangan pasar, mereka bisa saja salah mengambil keputusan dan kerugian bisa saja terjadi.

Investor aktif cocok dilakukan untuk seseorang yang ingin menjadikan investasi sebagai sumber pendapatan utama, karena anda harus memantau terus perkembangan yang terjadi di pasar. Jika anda adalah investor pemula, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi investor aktif karena anda akan lebih mudah untuk belajar fundamental dari berbagai jenis instrumen investasi.

Baca Juga  4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat
Pengertian dari passive investor

Pengertian Passive Investor untuk Pemula

Rahasia Menjadi Kaya Ala Juragan Pertamini

Rahasia Menjadi Kaya Ala Juragan Pertamini