in

5 Tips Menyiapkan Tabungan Pendidikan

5 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan
Photo by Element5 Digital on Unsplash

Sebagai orang tua, anda pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anda, begitupun untuk pendidikan mereka. Dengan pendidikan yang baik, anda pasti berharap agar kehidupannya lebih berkualitas di masa depan. Akan tetapi pendidikan bukanlah hal yang murah. Oleh karena itu orang tua harus memiliki cara mengatur keuangan yang baik agar bisa memberikan anak pendidikan yang terbaik. Berikut adalah 5 tips menyiapkan tabungan pendidikan seperti yang dilansir dari koinworks.com.

5 Tips Menyiapkan Tabungan Pendidikan

  1. Cek Dana Anda. Anda bisa melakukan pengecekan dana yang anda miliki untuk mempersiapkan dana pendidikan buah hati anda. Anda bisa lakukan dengan menghitung semua pendapatan yang anda miliki, mulai gaji, investasi, dan lain sebagainya. Lalu anda bisa melakukan asumsi persiapan dana yang dibutuhkan untuk dana pendidikan anak anda.
  2. Hitung Biaya yang Dibutuhkan. Langkah ini adalah salah satu langkah krusial untuk mempersiapkan pendidikan anak anda. Anda bisa melakukan pengecekan tentang biaya pendidikan sekarang dan melakukan penghitungan biaya pendidikan di masa mendatang. Jangan lupa hitung juga kemungkinan inflasi yang akan terjadi dengan asumsi 10 persen hingga 15 persen.
  3. Lihat Dimana Kelemahan Keuangan Anda. Setelah anda mengkalkulasi dana yang dibutuhkan, anda bisa melihat di mana kelemahan keuangan anda. Bisa saja anda terlalu boros dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu gunakanlah kesempatan ini untuk mengatur kembali keuangan anda dan perbaiki kelemahan yang ada pada keuangan anda.
  4. Atur Strategi. Setelah anda tahu di mana letak kelemahan keuangan anda, atur kembali strategi keuangan yang anda lakukan. Anda bisa menggunakan rumus Pareto (rumus 80/20) dalam mengatur keuangan anda. Dalam rumus tersebut anda bisa menyisihkan 20 persen gaji yang anda dapatkan untuk diinvestasikan. Lakukkanlah strategi yang tepat agar target pendidikan anak bisa terpenuhi.
  5. Lakukan Investasi. Hal lain yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak anda adalah investasi. Anda harus memilih instrumen investasi yang tepat agar kebutuhan pendidikan anak anda bisa tercapai. Selain itu lakukanlah investasi sedini mungkin agar imbal balik yang didapatkan lebih besar dan anda bisa bernapas lega.
Baca Juga  5 Kiat Finansial yang Wajib Diketahui
Nilai tukar Rupiah berhasil melawan Dolar Amerika Serikat (AS)

Cara Menghitung Rupiah ke Dolar Amerika Serikat

Investasi ketika Rupiah melemah

5 Investasi Ketika Rupiah Sedang Melemah