in

4 Tips Mengelola Keuangan Ala Jepang

4 tips mengelola keuangan ala Jepang
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki sifat disiplin sangat tinggi. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang mampu membuat negeri Matahari Terbit itu menjadi maju. Selain itu dengan sifat disiplin dan kerja keras yang mereka punya mereka bisa melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih baik. Berikut adalah 4 tips mengelola keuangan ala Jepang yang dilansir dari koinworks.com.

4 Tips Mengelola Keuangan Ala Jepang

  1. Gunakan Teknik Kakeibo. Kakeibo (家計簿, buku rekening rumah tangga) adalah teknik yang sering dipakai oleh orang Jepang untuk mengelola keuangan mereka. Dalam teknik yang sudah dilakukan lebih dari 100 tahunan ini, anda diwajibkan untuk menulis semua pengeluaran dan pemasukan yang anda lakukan. Setelah itu, anda akan melakukan analisa pada tiap bulannya. Dengan adanya teknik ini, anda isa mengecek pengeluaran anda dan bisa mengoptimalkan keuangan anda agar kehidupan keuangan anda menjadi lebih baik.
  2. Bagi Keuangan Anda. Dalam teknik kakeibo, anda juga diharuskan untuk membagi keuangan anda dalam 4 tipe. Tipe yang pertama adalah pengeluaran sehari-hari atau pengeluaran wajib. Tipe kedua adalah pengeluaran sekunder seperti jalan-jalan atau berbelanja pakaian. Tipe ketiga adalah pengeluaran yang dialokasikan untuk hobi anda. Tipe terakhir adalah pengeluaran yang dilakukan untuk hal-hal mendadak seperti servis kendaraan. Setelah membegi keuangan anda, anda dapat menentukan tipe mana yang bisa dihemat untuk memperbaiki keuangan anda.
  3. Selalu Berpikir 2 Kali Sebelum Berbelanja. Dengan adanya teknik ini, anda akan berpikir 2 kali sebelum berbelanja. Anda juga akan lebih matang dalam melakukan perbelanjaan untuk menghemat uang anda. Walaupun anda masih memiliki dana lebih, berpikirlah dalam jangka panjang apakah barang yang anda beli akan bertahan dalam jangka panjang atau tidak.
  4. Investasi Itu Penting. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsipa Kakeibo adalah melakukan investasi. Dalam teknik Kakeibo anda diharapkan melakukan investasi dengan nominal yang stabil terus menerus. Dalam teknik ini, konsistensi adalah kunci untuk mengelola keuangan anda dengan baik dan optimal.
Baca Juga  3 Tips Mulai Berinvestasi Untuk Karyawan
Investasi Fresh Graduate

5 Investasi yang Cocok Untuk Fresh Graduate

5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki

5 Pemikiran Tentang Keuangan yang Harus Dimiliki