in

Cara Menghitung Rupiah ke Dolar Amerika Serikat

Nilai tukar Rupiah berhasil melawan Dolar Amerika Serikat (AS)

Tak sedikit orang yang merasa bingung ketika harus menghitung kurs mata uang rupiah ke dolar Amerika Serikat. Apakah Anda juga termasuk? Jangan bingung, karena ada sejumlah cara menghitung rupiah ke dolar Amerika Serikat.

Yang pertama kali wajib Anda ketahui sebelum melakukan perhitungan nilai rupiah ke dolar Amerika Serikat adalah kurs. Sekadar untuk diketahui, kurs mata uang asing selalu berubah setiap harinya. Jadi, pastikan dulu kurs terkini sebelum Anda menghitung.

Mencari Tahu Nilai Mata Uang Asing

Sebelum menghitung rupiah ke dolar, Anda wajib mengetahui dulu nilai mata uang asing tersebut. Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan.

Anda bisa mencari tahu lewat mesin pencarian Google. Ketik saja kata kunci ‘kurs rupiah ke dolar’, lalu akan muncul di layar nilai tukar rupiah ke dolar. Ada pula sejumlah situs perbankan yang menyediakan informasi kurs rupiah ke dollar, yang bisa terupdate otomatis. Informasi mengenai kurs mata uang itu juga tersaji di sejumlah surat kabar yang terbit harian. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi penghitung nilai mata uang asing dengan informasi kurs harian.

Baca Juga  Dolar Meroket, BI Memastikan Kesiapan Likuiditas

Berikut Cara Menghitung Rupiah ke Dolar Amerika Serikat

1. Menggunakan Google

Tak banyak yang tahu jika mesin pencarian Google tak hanya bisa digunakan untuk mencari tahu sesuatu. Google juga menyediakan fasilitas untuk menghitung nilai rupiah ke mata uang asing.

Anda cukup masukkan nilai uang rupiah yang ingin dijadikan dolar di kolom pencarian Google. Misalnya, 100.000 IDR to USD. Maka, hasilnya bakal ditampilkan di layar, berdasarkan kurs terkini.

2. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Anda juga bisa menghitung nilai tukar rupiah ke dolar menggunakan aplikasi smartphone. Jika Anda menginginkan hasil yang akurat dan cepat, maka install aplikasi penghitung mata uang asing.

Salah satu contoh aplikasi itu adalah Currency Converter yang dikembangkan oleh Designer Calculators. Aplikasi konversi tersebut diyakini sebagai yang paling akurat dari sekian banyak aplikasi yang tersedia.

3. Menggunakan Situs Penghitungan

Ada banyak sekali situs penyedia layanan penghitungan mata uang asing. Salah satu contoh paling populer adalah Coinmill.

Situs satu ini menyediakan pilihan mata uang asing yang dipercaya paling lengkap daripada situs lainnya. Anda tak hanya bisa memilih mata uang USD (Amerika Serikat), AUD (Australia), SGD (Singapura), dan Yen (Jepang), tapi juga semua mata uang negara di dunia.

Baca Juga  Potensi Rupiah Bakal Menguat Jikalau Pasar Buka Hari Ini
7 Cara Menghadapi Rentenir Penagih Hutang

7 Cara Menghadapi Rentenir Penagih Hutang

5 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan

5 Tips Menyiapkan Tabungan Pendidikan