in

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi
Photo by Guido Hofmann on Unsplash

Di tengah pandemi Corona ini, banyak orang yang mengalami kesulitan di bidang keuangan mereka. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), banyaknya bisnis yang tutup, dan lain sebagainya. Hal ini membuat banyak orang yanga menggunakan tabungan yang disiapkan untung target keuangan di masa depan untuk bertahan hidup. Pada dasarnya, anda masih bisa mencoba untuk tetap menabung pada saat seperti ini. Berikut adalah 5 tips menabung di tengah pandemi yang dilansir dari cigna.

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi

  1. Bayarlah Kebutuhan Bulanan Secara Rutin. Sebisa mungkin bayarlah kebutuhan bulanan anda secara rutin. Membayar secara rutin adalah hal yang dapat digunakan dalam mengatur keuangan anda, lebih lagi jika anda berusaha untuk mencapai financial freedom. Kebutuhan yang jangan sampai lupa di bayar adalah tagihan listrik dan air, sewa tempat tinggal, premi asuransi, dan cicilan kredit. Jika anda sudah membayar tagihan anda, baru anda bisa mengalokasikan sisa dana untuk belanja bulanan dan kebutuhan tersier lainnya.
  2. Lunasi Hutang Anda. Jika anda memiliki hutang, sebisa mungkin segeralah lunasi hutang anda. Pilihlah jenis hutang yang memungkin dilunasi lebih cepat agar anda bisa lebih fokus lagi dalam mengatur keuangan anda. Lebih lagi jika anda memiliki hutang di kartu kredit. Sebisa mungkin segera lunasi agar cicilan yang anda terima tidak membengkak.
  3. Hemat Biaya Bulanan Anda. Di tengah pandemi seperti ini, budget yang anda punyai pasti terbatas. Oleh karena itu sebisa mungkin hematlah beberapa biaya bulanan yang anda miliki. Sebagai contoh pilihlah biaya langganan TV atau video streaming yang bisa anda hemat. Selain itu biaya seperti berbelanja baju atau hang out dengan teman bisa anda hemat dan dialokasikan kembali untuk menabung.
  4. Meakukan Pengelolaan Aset yang Dimiliki. Jika memang penghasilan tidak dapat memenuhi kebutuhan, lakukanlah pengelolaan terhadap aset yang anda miliki. Jika anda memiliki aset bergerak seperti kendaraan bermotor dan tidak dipakai untuk bekerja, cobalah dipertimbangkan untuk dijual. Aset bergerak dinilai lebih mudah dijual ketimbang aset tettap seperti rumah atau tanah.
  5. Berusaha Untuk Tetap Fokus Menabung. Walaupun gaji anda harus dipotong di tengah pandemi, usahakan tetap tabung 10 persen dari gaji anda. Anda bisa menggunakan sistem auto debit yang ada di rekening anda agar anda tetap disiplin dalam menabung. Tetaplah fokus dalam menabung agar target keuangan di masa depan bisa tercapai.
Baca Juga  Pentingnya Mengajarkan keuangan Sesuai dengan Kategori Usia
Cara Gila Jadi Kaya di Tengah Pandemi Corona

Cara Gila Jadi Kaya di Tengah Pandemi Corona

5 Tips Menabung untuk Millenial

5 Tips Menabung untuk Millenial