in

5 Tips Menabung untuk Millenial

5 Tips Menabung untuk Millenial
Photo by Akson on Unsplash

Banyak millenial yang merasa kesulitan dalam menabung. Alasan para millenial ketika kesulitan menabung rata-rata sama, yaitu gaji yang diterima masih kecil. Mereka merasa bahwa gaji yang mereka miliki masih belum bisa memenuhi kebutuhan, sehingga mereka merasa kesulitan untuk menabung. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempermudah anda, kaum millenial, untuk menabung. Berikut adalah 5 tips menabung untuk millenial seperti yang dilansir dari koinworks.

5 Tips Menabung untuk Millenial

  1. Mencari Pekerjaan Tambahan dan Menekan Pengeluaran. Mumpung anda masih muda, cobalah untuk mencari sumber pendapatan yang lain. Anda bisa menggunakan skill yang anda miliki untuk mencari sumber pendapatan sampingan. Jika anda memiliki keahlian dalam bidang desain atau ilustrasi, anda bisa mencoba membuka komisi di berbagai platform yang tersedia. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tekanlah jumlah pengeluaran yang anda keluarkan. Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan tersier seperti menonton film atau pergi ke cafe.
  2. Belajar untuk Merencanakan Prioritas Keuangan. Cobalah untuk membuat target keuangan untuk masa depan anda. Buatlah prioritas keuangan dalam mengelola keuangan. Sebagai contoh, setelah anda menerima gaji, anda harus bisa memilih pengeluaran mana daulu yang harus dibayarkan. Hal ini dilakukan agar anda lebih mudah dalam pengalokasian dana untuk menabung.
  3. Mencoba Berinvestasi. Jika anda sudah memiliki uang yang ditabung, sisihkan sebagian untuk berinvestasi. Hal ini dikarenakan dengan berinvestasi, anda bisa melindungi nilai uang anda dari laju inflasi. Jika anda berinvestasi, anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar karena adanya efek compounding. Oleh karena itu sebisa mungkin, tabung 10 persen gaji anda untuk dana darurat dan 10 persen untuk dana investasi.
  4. Hindari Berbelanja Menggunakan Kartu KreditKartu kredit memang bisa mempermudah dalam memenuhi kebutuhan. Akan tetapi hindari menggunakan kartu kredit jika anda ingin menabung. Hal ini dikarenakan anda akan lebih mudah mengeluarkan uang ketika menggunakan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit, utang anda akan bertambah dan tagihan yang anda terima juga makin besar.
  5. Pikir Dua Kali Sebelum Mengajukan Utang. Jaman sekarang, media pinjaman online makin menjamur. Hal ini membuat meminjam uang menjadi makin mudah. Anda hars berfikir dua kali sebelum mengajukan utang. Jangan berhutang untuk memenuhi kebutuhan tersier. Jika anda harus berhutang, berhutanglah untuk memenuhi kebutuhan produktif, seperti berhutang untuk mendapat modal bisnis.
Baca Juga  Tren Menabung Online, Ini 7 Aplikasinya

 

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi

5 Tips Menabung di Tengah Pandemi

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR