in

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Menabung adaah hal yang harus dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan. Akan tetapi, menabung dirasa sulit jika seseorang masih memiliki gaji UMR atau minimum. Ha ini dikarenakan gaji UMR dirasa hanya cukup untuk memenuhi kehidupan saja dan tidak cukup jika uang tersebut harus ditabung. Selain itu menabung juga menjadi lebih sulit jika seseorang memiliki sifat konsumtif. Jika anda tidak bisa mengelola pengeluaran anda, sudah barang pasti menabung juga menjadi makin sulit. Oleh karena itu anda harus tahu bagaimana cara menabung yang tepat walaupun gaji anda masih dalam taraf UMR. Berikut adalah 8 cara menabung meskipun gaji UMR yang dilansir dari CNNIndonesia.

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR

  1. Memiliki Target Ketika Menabung. Buatlah target yang jelas sebelum anda memulai menabung. Jika anda memiliki target ketika menabung, anda akan lebih termotivasi untuk menabung. Lebih lagi anda bisa menabung dengan efektif ketika anda memiliki target. Akan tetapi pilihlah target yang memang menguntungkan dalam waktu jangka panjang, agar hasil tabungan tidak sia-sia.
  2. Menabung Ketika Gaji Turun. Ketika gaji anda turun, sebisa mungkin langsung alokasikan sebagian dana untuk ditabung. Hal ini dilakukan untuk menghindari uang anda dipakai untuk keperluan yang lain. Anda bisa memulai dengan menabung 10 persen dari gaji anda. Jika dirasa bisa ditambah, cobalah tambah jumlah tabungan anda setiap bulan.
  3. Membuat Anggaran. Buatlah anggaran pengeluaran bulanan yang dilakukan. Jika anda sudah membuat anggaran, pengeluaran yang anda lakukan menjadai lebih teratur. Ketika membuat anggaran, buatlah prioritas dan hindari mendahulukan hal yang anda inginkan.
  4. Membawa Bekal Ketika ke Kantor. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membawa bekal ketika pergi ke kantor. Memang membeli makanan lebih mudah, akan tetapi pengeluaran lebih bisa ditekan jika anda memasak sendiri dari rumah anda.
  5. Selalu Mencatat Pengeluaran. Selalu catat pengeluaran yang anda lakukan secara detil. Hal ini dilakukan untuk untuk melihat apakah ada pengeluaran yang tidak diperlukan.
  6. Hindari Sifat Konsumtif. Pengeluaran kecil bisa menjadi pengeluaran besar jika dilakukan secara terus menerus. Sebagai contoh adalah pembelian kopi di cafe yang dilakukan hampir tiap hari. Oleh karena itu cobalah untuk mengurangi sifat konsumtif agar uang anda bisa lebih dihemat.
  7. Hemat Biaya Transportasi. Jika selisih antara menggunakan kendaraan pribadai dan transportasi umum sangat besar, ada baiknya anda mencoba pergi ke kantor menggunakan transportasi umum. Selain berhemat, anda juga bisa lebih hemat tenaga karena tidak harus menyetir kendaraan sendiri.
  8. Tebus Semua Hutang Anda. Sebelum menabung, ada baiknya anda lunasi semua hutang anda terlebih dahulu. Jika anda sudah menebus hutang, anda bisa lebih tenang dan fokus untuk menabung.
Baca Juga  Keuntungan dari Melakukan Detoks Keuangan
5 Tips Menabung untuk Millenial

5 Tips Menabung untuk Millenial

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah