in

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah
Photo by Sandy Millar on Unsplash

Menikah adalah hal yang diidamkan oleh banyak orang, lebih lagi jika seseorang sudah memiliki pasangan dan sudah merasa cocok satu sama lain. Akan tetapi, biaya yang dipersiapkan untuk menikah cukuplah besar. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang oleh kedua belah pihak. Memang mengumpulkan modal tidaklah mudah, akan tetapi ada beberapa  tips yang bisa anda terapkan bersama pasangan anda untuk mempersiapkan modal menikah. Berikut adalah 5 tips menabung untuk persiapan menikah seperti yang dilansir dari koinworks.

5 Tips Menabung untuk Persiapan Menikah

  1. Persiapkan Diri untuk Melakukan Penghematan. Melakukan penghematan adalah hal yang terlihat mudah namun sulit dilakukan. Hal ini bisa dilakukan jika anda sudah membuat perkiraan anggaran pernikahan. Anggaran tersebut bisa digunakan sebagai motivasi untuk melakukan penghematan. Selain itu anda harus bisa mengolah pendapatan yang anda terima tiap bulan. Salah satu cara mengolah pendapatan itu adalah dengan menyisihkan sebagian gaji anda dan pasangan anda di awal waktu.
  2. Meminimalisir Budget-Budget Tertentu. Selain melakukan penghematan, anda juga bisa meminimalisir budget tertentu. Salah satu budget yang bisa diminimalisir adalah budget transportasi. Anda bisa berhemat dengan menggunakan transportasi umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, uang anda bisa terkuras untuk membeli bensin dan perawatan kendaraan tersebut.
  3. Mencoba Mencicil Kebutuhan Rumah Tangga. Uang yang anda tabung juga bisa digunakan sebagian untuk mencicil kebutuhan rumah tangga di masa depan. Sebagai contoh, anda dan pasangan anda bisa mencicil bersama uang gedung yang digunakan untuk menikah. Selain itu anda juga bisa mempersiapkan uang muka rumah dan perabotnya bersama dengan pasangan anda.
  4. Saling Bertanggung Jawab. Menikah adalah tanggung jawab yang harus dipikul bersama. Disaat mempersiapkan pernikahan, anda bisa membagi tanggung jawab dengan pasangan anda. Sebagai contoh anda bertanggung jawab untuk biaya EO (Event Organizer) dan dekorasi. Sedangkan pasangan anda mempersiapkan biaya baju dan rias.
  5. Mencoba Berinvestasi. Berinvestasi adalah jenis menabung yang sering terlupakan oleh seserang. Dengan berinvestasi, nilai uang anda bisa bertambah seiring waktu. Oleh karena itu anda dan pasangan anda bisa mencari jenis investasi yang cocok, entah dalam bentuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang.
Baca Juga  5 Tips Menabung untuk Millenial
8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR

8 Cara Menabung Meskipun Gaji UMR

Sektor Transportasi Terjadi PHK Akibat Corona

Sektor Transportasi Terjadi PHK Akibat Corona