in

7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia

7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia
Orang kaya (C) SHUTTERSTOCK

Menjadi orang kaya adalah keinginan setiap orang. Untuk mewujudkannya tentu harus mau bekerja keras. Begitu pula yang dilakukan oleh miliarder dunia. Setidaknya mereka punya tujuh caranya.

Memang, ada orang yang sudah memiliki kekayaan sejak lahir. Harta benda itu didapatkannya dari faktor keturunan alias hasil warisan. Orang semacam ini memang tak bisa jadi acuan bagi Anda yang ingin jadi orang kaya.

Kalau tak punya darah sebagai orang kaya, tapi ingin punya banyak harta, tentu Anda harus berusaha keras mengumpulkan harta sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Yang bisa dijadikan acuan, tentulah para miliarder yang meraih kekayaan dengan cara memulai usahanya dari nol, lalu memanen hasil dari keringat yang diperasnya.

Berikut ini 7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia

1. Fokus pada Hal Besar

Warren Buffet mengajarkan kita untuk fokus pada hal besar sejak dini. Salah satu hal besar yang bisa menentukan kemakmuran hidup Anda adalah rumah.

Nah, jika kebetulan ada uang dan kesempatan, lebih baik segeralah mengalokasikannya untuk membeli rumah, sekalipun membelinya secara kredit. Tidak perlu juga menunggu ada rumah dengan DP (uang muka) nol persen.

Baca Juga  Jangan Salah! Introvert Juga Mampu Mencari Pekerjaan Sampingan

2. Menabung Sebelum Membeli Sesuatu

Warren pernah berkata, “Janganlah menabung sisa uang belanja, melainkan belanjalah menggunakan sisa uang yang telah ditabung!”

Caranya, tentukan dulu berapa persen dari penghasilan Anda sebulan yang akan ditabungkan, misalnya 25 persen. Kalau pendapatan Anda Rp10 juta, maka sisihkan yang Rp2 juta 500 ribu di rekening tabungan, lalu sisanya bisa digunakan untuk keperluan lain-lain.

3. Melipatgandakan Penghasilan

Yang harus Anda percaya adalah setiap miliarder, termasuk Warren pasti punya lebih dari satu sumber penghasilan. Anda pun bisa melakukannya, asal sumber-sumber lain itu tidak bentrok dengan sumber penghasilan utama.

Pastikan Anda punya keran-keran uang yang terus mengalir setiap saat sekalipun Anda tak melakukan apapun. Inilah yang dinamakan pendapatan pasif. Anda bisa membangun rumah yang dikontrakkan, kos-kosan yang disewakan, atau brand yang diwaralabakan.

4. Butuh Totalitas

Sebelum berusaha, Anda wajib memahami potensi diri sendiri, dan harus memaksimalkannya untuk mencapai keinginan. Jangan pernah setengah-setengah dalam menekuni suatu usaha, butuh totalitas pula untuk menjadi kaya, seperti yang dibuktikan sendiri oleh Grant Cardone.

Baca Juga  Jangan Galau Ketika Akhir Bulan Mencekam! Berikut Tips Biar Irit

Pria yang juga seorang penulis, sekaligus pakar pelatihan potensi diri ini menyebut orang yang ingin sukses harus menjadi yang paling hebat dalam bidang yang ditekuninya. Makanya, Anda harus total agar tak cuma jadi orang yang biasa-biasa saja.

5. Menginvestasikan Uang

Mayoritas para miliarder itu adalah seorang pebisnis, sekaligus juga investor yang menanamkan uangnya ke berbagai lini usaha. Kesadaran mereka akan pentingnya investasi yang melandasi hal tersebut.

Makin dini Anda melakukannya, maka smakin besar pula kesempatan untuk meraih hasil terbaik dari investasi itu. Tentunya, cari tahu juga jenis investasi yang paling pas buat Anda sebelum memutuskan berinvestasi. Soal modal, Anda cuma butuh minimal 15 persen dari total pendapatan Anda sebulan untuk memulainya.

6. Berutang dengan Bijak

Berutang bukanlah suatu kesalahan. Hanya saja, Anda harus bijak dalam memikirkan segala sesuatunya. Jangan sampai terjebak dalam lilitan utang ini gara-gara tak ada perencanaan secara matang.

Utanglah untuk sesuatu yang benar-benar penting dan mendesak saja. Kadang, memang ada godaan untuk berutang hanya demi suatu hal yang remeh dan sesuatu yang tak terlalu dibutuhkan. Misal, kredit mobil keluaran terbaru, padalah mobilnya masih cukup layak dipakai.

Baca Juga  Jendela, Wadah Aduan Konsumen Fintech Asli Indonesia

7. Fokus Mengelola Aset Paling Berharga

Pebisnis dan dermawan asal Amerika, Mark Cuban, pernah berpendapat, “Upaya dan kerja kerasmu tak akan berguna bila kamu tak bisa fokus pada aset yang paling berharga!”

Aset paling berharga di sini ya Anda sendiri. Teruslah belajar dan menimba ilmu tentang apa yang ditekuni saat ini. Jangan pernah puas dengan ilmu yang sudah Anda dapatkan. Tanpa itu, Anda akan sudah untuk berkembang.

Profesional Trader Budi Setiawan Menghasilkan Rp 1 Miliar Dalam Setahun

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya