in

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya
Ibu rumah tangga kaya (C) SHUTTERSTOCK

Ibu rumah tangga berhak menjadi kaya. Siapa bilang tidak bisa? Mereka yang tadinya dari keluarga dengan kemampuang ekonomi biasa-biasa saja bisa saja menjadi orang kaya, asal tahu caranya.

Anda adalah wanita mulia jika memilih menjadi ibu rumah tangga. Keahlian yang dimiliki harus lengkap. Anda harus bisa memasak layaknya chef, mendidik seperti guru, mengatur tata ruang rumah bagaikan desain interior, atau mengatur keuangan rumah tangga bak Menteri Keuangan suatu negara. Namun demikian, ajaibnya tak ada jalur pendidikan khusus yang harus ditempuh untuk menjadi seorang ibu rumah tangga.

Menjadi kaya mungkin adalah impian semua orang, tak terkecuali ibu rumah tangga. Jika Anda wanita bersuami orang kaya, mungkin tak akan menjadi masalah menjalankan roda perekonomian rumah tangga. Penghasilan suami Anda sudah cukup untuk memenuhi itu semua. Namun, jika penghasilan suami pas-pasan, atau Anda seorang single parent yang masih harus membesarkan anak, tentu bekerja mencari uang tambahan adalah pilihan bijak.

Bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja, janganlah berkecil hati. Sebab, ada saja ibu rumah tangga yang dapat menjadi kaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga tanpa bekerja. Sekali lagi, semua itu bisa saja terjadi, asal tahu caranya.

Baca Juga  5 Cara Menghemat Gaji untuk Kebutuhan Sebulan

Lalu, Bagaimanakah Cara Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya?

1. Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan sejak dini penting untuk dilakukan. Dengan merencanakan keuangan, Anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk dimasukkan dalam tabungan.

Agar tidak ada salah paham, sebaiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan rumah tangga. Bahkan, ada baiknya, hal ini dilakukan sebelum menikah.

Sebaiknya saling terbuka dengan pasangan, baik soal anggaran, teknis pengelolaan, pembagian tugas keuangan, dan tujuan keuangan yang ingin Anda capai bersama pasangan. Ibu rumah tangga yang bekerja maupun yang tidak, perlu melakukannya.

2. Menyusun Anggaran

Sebagaimana Mentri Keuangan yang mengelola keuangan suatu negara, ibu rumah tangga juga dapat melakukan peran yang sama di lingkup rumah tangga. Salah satunya menyusun anggaran yang sudah menjadi kewajiban seorang ibu rumah tangga.

Anggaran ini bisa disusun secara sederhana saja, asal sudah mencakup seluruh daftar pemasukkan dan daftar pengeluaran sesuai kebutuhan rumah tangga. Yang harus dipahami, pemasukkan dan pengeluaran setiap rumah tangga itu tidak sama.

Baca Juga  Mengetahui Teknik Breakout Dalam Forex

3. Prioritaskan Kebutuhan Ketimbang Keinginan.

Daftar pengeluaran yang sudah dibuat tidak mungkin akan terpenuhi semuanya, terlebih ketika pengeluaran berpotensi lebih besar dari pemasukan. Solusinya, prioritaskan kebutuhan ketimbang keinginan.

Belanjakan uang penghasilan sesuai dengan barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Percayalah, kalau menuruti keinginan tidak akan ada habisnya. Kebutuhan lebih penting untuk diprioritaskan. Jika ada dana lebih, barulah keinginan bisa dipenuhi.

4. Daftar Harta dan Utang

Sebagai catatan, bukan cuma orang kaya saja yang harus punya daftar harta dan utang. Ibu rumah tangga pun harus punya catatan tentang dua hal ini.

Jika ingin kaya, maka ketahuilah dulu kondisi keuangan rumah tangga Anda. Apakah lebih besar pasak daripada tiang atau sebaliknya? Jika harta lebih besar daripada utang, maka keuangan rumah tangga bisa disebut sehat. Jika sebaliknya, Anda patut waspada.

5. Mengevaluasi Anggaran

Layaknya sebuah perusahaan yang harus diaudit keuangannya secara berkala, ibu rumah tangga juga harus melakukannya pada keuangan yang dikelolanya. Jadi, setiap bulan, buatlah laporang keuangan sederhana, yang mencakup laba atau rugi, neraca, dan arus kas.

Baca Juga  4 Langkah untuk Meraih Kebebasan Finansial

Hasil audit itu bisa menjadi bahan diskusi dengan pasangan. Selain itu, hasilnya juga bisa dijadikan bahan untuk mengecek apakah layak disebut ibu rumah tangga yang kaya, atau justru malah banyak utang.

7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia

7 Cara Menjadi Orang Kaya Versi Miliarder Dunia

perbedaan antara menabung dan investasi

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi