in

Ada Larangan Mudik, Manfaatkan Budgetnya untuk Hal Lain

kenaikan nilai rupiah

Adanya larangan mudik dari pemerintah Republik Indonesia membuat masyarakat banyak yang mengurungkan niatnya untuk mudik. Tentu saja, hal ini membuat budget untuk mudik menjadi uang nganggur. Manfaatkanlah untuk hal lain, seperti tiga hal berikut ini.

Pasti banyak yang kecewa dengan larangan mudik di tengah pandemi covid-19 dari Presiden Joko Widodo tersebut. Hanya saja, ada sisi positif yang bisa diambil oleh masyarakat daripada terus menyalahkan keadaan.

Dilihat dari sisi kesehatan, larangan mudik tersebut memang menjadi salah satu upaya untuk memutus mata rantai persebaran covid-19 di Tanah Air. Sementara, dari sisi finansial, Anda bisa berhemat jelang lebaran tahun ini tiba. Budget itu bisa Anda manfaatkan untuk hal lain.

Lalu, Budget yang Batal Dipakai karena Larangan Mudik Dimanfaatkan untuk Apa?

1. Dana Darurat

Dana darurat ini sangat penting di masa pandemi covid-19. Budget yang batal terpakai untuk mudik bisa dialokasikan ke dalamnya.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, dana darurat biasanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih bagi Anda yang mengalami penurunan pendapatan lantaran terkena dampak pandemi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga  Inspiratif! 3 Trader Indonesia Dari Satpam Hingga Menjadi Jutawan

2. Modal Usaha

Menurunnya pemasukan di tengah pandemi covid-19 mungkin bisa diatasi dengan membuka usaha kecil-kecilan. Budget nganggur lantaran tak jadi mudik ini bisa Anda jadikan modal awalnya nya.

Yang lagi populer saat ini adalah usaha menjual kebutuhan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, multivitamin, yang kebetulan penjualannya tengah meningkat di masyarakat. Anda bisa memanfaatkan luasnya jaringan internet melalui media sosial sebagai sarana promosi.

3. Investasi

Jika nomor 1 dan 2 di atas sudah jadi prioritas utama, dan ada sisa budget, maka alokasikan untuk investasi. Pastikan Anda memilih instrumen investasi yang tepat. Anda bisa berinvestasi lewat saham, forex, emas, dan lain-lain.

Di tengah pandemi covid-19 ini banyak perusahaan yang banting harga sahamnya demi menarik investor. Jaminannya, tentu kelak nilai saham yang Anda beli bisa melejit naik, sehingga menjadi profit tersendiri di kemudian hari.

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19

pandemic bond

Pandemic Bond Tidak Jadi Dirilis Pemerintah