in

Cara Menabung Kekinian Ala Generasi Milenial

Cara Menabung Kekinian Ala Generasi Milenial
Kelebihan Menabung di Celengan daripada di Bank (C) TOKOPEDIA

Generasi milenial tak kenal lagi menabung di celengan ayam. Mereka punya cara menabung kekinian yang dianggap lebih modern dan populer, bahkan dibandingkan dengan menabung di bank konvensional sekalipun.

Kecanggihan teknologi di masa kini turut memudahkan orang-orang dalam menyimpan uang alias menabung. Generasi milenial tak perlu susah-susah antre di bank untuk membuka rekening, menyetorkan atau menarik uangnya. Sebab, sudah ada cara menabung online yang menurut mereka lebih menarik.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dalam genggaman, generasi milenial sudah bisa melakukan aktivitas menabung. Tinggal menggerakkan jari, uang digital itu bisa mereka pakai untuk segala mecam kebutuhan hidup secara online.

Tertarik, Simak Cara Menabung Kekinian Ala Generasi Milenial Berikut

1. Program dari Provider Seluler

Salah satu provider seluler, Telkomsel, sudah menyediakan layanan yang memungkinkan generasi milenial untuk menabung online. Layanan ini disebut TCash yang bisa diunduh secara gratis di smartphone masing-masing.

Produk TCash dari operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC). Teknologi tersebut dikolaborasikan dengan aplikasi E-Wallet (yang juga produk Telkomsel) sebagai gaya menyimpan uang yang kekinian. Karenanya, untuk mendaftarkan TCash, Anda juga harus mengunduh aplikasi E-Wallet dan memasang stiket NFC pada smartphone.

Baca Juga  Coba 4 Kebiasaan Ini untuk Mengatur Keuangan Pribadi

Selain sebagai sarana menabung online, aplikasi TCash ini bisa dipakai untuk melakukan transaksi atau pembayaran non-tunai. Namun, Anda hanya bisa menggunakannya di merchant-merchant yang sudah ditunjuk atau bekerjasama dengan TCash.

Anda bisa mengisi saldo TCash melalui sejumlah cara. Yang utama tentu melalui GraPARI Telkomsel terdekat, mesin ATM, atau toko ritel seperti Indomaret. Terbaru, Anda bisa mengisinya melalui BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Negara).

2. Aplikasi Smartphone

Selain TCash, di mana Anda harus memiliki SIM card Telkomsel, Anda bisa memakai aplikasi lain. Aplikasi menabung online ini juga bisa didownload secara gratis melalui smartphone Anda.

Banyak aplikasi menabung online yang bisa Anda unduh. Sebut saja Sobatku, Money Lover, Expense IQ, Jenius, Ipotpay, Digibank, HoneyDew, dan lain-lain. Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangannya di halaman testimonial ketika hendak mendownloadnya.

Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengontrol tabungan dan penggunaannya. Sebab, aplikasi yang diunduh itu biasanya dilengkapi fitur investasi.

3. E-Money (Uang Elektronik)

E-Money (Uang Elektronik) kini populer seiring maraknya aktivitas belanja online di kalangan masyarakat. Bahkan, uang elektronik itu seolah menjadi mata uang anyar bagi generasi milenial di era kekinian.

Baca Juga  Mau Bisnis Baru Anti "Buntung"? Simak Tips Berikut!

Biasanya, e-money ini berbentuk kartu pra-bayar yang dapat menyimpan sejumlah uang yang dapat dipakai sebagai alat transaksi pembayaran. Berbagai sektor kini sudah mengharuskan masyarakat membayar menggunakan non-tunai seperti e-money. Sebut saja pembayaran tarif tol, bus Transjakarta, comuter line, dan lain-lain.

Sejumlah bank nasional, seperti BNI, Mandiri, BNI, dan bank swasta seperti BCA sudah mengeluarkan e-money ini. Kartu ini dapat menyimpan saldo dengan nominal yang bervariasi, tetapi saldonya dibatasi hanya Rp1 juta per kartu. Sementara, batas pengisiannya hingga Rp20 juta per bulannya.

Cara untuk mengisi saldo e-money ini sangat mudah. Anda bisa mengisinya dengan menggunakan menu pengisian ulang atau top up kartu e-money lewat mesin ATM yang sesuai dengan bank yang menerbitkan kartu tersebut.

4. Layanan Transportasi Online

Anda tentu sudah mengenal layanan transportasi online seperti Go-jek dan Grab. Keduanya pun bisa dimanfaatkan generasi milenial.

Gojek dan Grab sudah menghadirkan aplikasi yang tak hanya dapat digunakan untuk memesan ojek online, tetapi juga uang elektronik, yakni Go-Pay dan Grab Pay. Dua fitur ini awalnya dipakai untuk memudahkan pengguna dalam membayar layanan yang dipesannya dalam aplikasi dengan non-tunai. Terbaru, dalam perkembangannya, Go-Pay dan Grab Pay bisa dijadikan sarana menabung online.

Baca Juga  6 Cara Untuk Menghindari Krisis Finansial

Kini, Anda juga bisa memakai kedua layanan tersebut untuk membayar belanja online atau membeli obat di apotek. Bahkan, Anda juga dapat mentransfer uang ke sesama pengguna Go-Pay atau Grab Pay, cuma dengan smartphone.

Cara mengisi saldo Go-Pay dan Grab Pay juga mudah. Anda dapat mengisinya langsung melalui mesin ATM, cukup melalui menu transfer. Bahkan, Anda juga bisa mengisinya melalui sejumlah toko ritel seperti Indomaret dan Alfamart.

5. Layanan Belanja Online

Seperti layanan transportasi online, generasi milenial juga kerap memanfaatkan layanan belanja online. Cara kerjanya juga mirip dengan layanan transportasi online di atas.

Layanan belanja online miliki fitur khusus untuk menyimpan uang yang bisa digunakan untuk belanja. Misal, Tokopedia dengan fitus TokoCash-nya, atau BukaLapak dengan BukaDompet-nya. Fitur tersebut jelas memudahkan penggunanya.

Semua layanan belanja online kini sudah menyediakan aplikasi yang memudahkan pelanggannya. Aplikasi tersebut juga bisa didownload secara gratis.

Dengan fitur di layanan belanja online tersebut, Anda bisa mendapatkan promo-promo menarik. Misalnya saja potongan harga untuk item-item tertentu.

Kenali Tantangan Jika Ingin Menabung di Celengan

Tren Menabung Online, Ini 7 Aplikasinya

Penumpang domestik

Penumpang Domestik Diterima di Bandara Soetta