in

Memanfaatkan Uang THR di Tengah Pandemi Covid-19

kenaikan nilai rupiah

Jelang Idhul Fitri alias lebaran, para pekerja/karyawan biasanya mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, kebanyakan orang bingung memanfaatkan uang THR untuk apa.

Besaran nominal THR yang diterima masing-masing orang biasanya berbeda-beda. Tergantung banyak hal, terutama kebijakan dari perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Lamanya masa pengabdian juga menentukan nominal THR tersebut.

Di tengah pandemi covid-19 ini, semua orang dituntut untuk berhemat, mengingat situasi dan kondisi ekonomi yang tak menentu. Tak heran, ketika mendapat pemasukan tambahan dari uang THR, harus Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Uang THR bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Pemanfaatannya pun bermacam-macam, tergantung orangnya juga. Mereka yang punya pasangan bisa jadi akan beda cara memanfaatkan uang THR-nya dengan yang masih single.

Lalu, Bagaimana Memanfaatkan Uang THR Anda?

1. Belanja Keperluan Lebaran

Seperti diketahui, jelang lebaran biasanya banyak kebutuhan yang harus dibeli. Dengan memiliki uang THR tentu cukup membantu untuk memenuhi aneka kebutuhan tersebut.

Kebutuhan lebaran itu misalnya baju baru untuk keluarga. Bagi mereka yang tak setiap saat bisa membeli baju baru, tentu senang sekali jika bisa menggunakan uang THR-nya untuk membelikan keluarganya baju baru untuk merayakan lebaran.

Baca Juga  Pengusaha Wajib Bayar THR Karyawan, Inilah Ketentuannya

Kue kering dan minuman ringan juga contoh kebutuhan lebaran lainnya. Hidangan ini seolah menjadi sesuatu yang wajib disediakan di atas meja untuk menyambut kehadiran sanak keluarga dan tetangga yang bersilaturahmi.

2. Salam Tempel

Jika di lebaran Cina (Imlek) ada angpao dalam amplop-amplop kecil, maka salam tempel identik dengan lebaran Idhul Fitri. Uang THR yang Anda dapatkan bisa juga dimanfaatkan untuk hal satu ini.

Salam tempel ini umumnya diberikan pada saudara/kerabat atau tetangga sekitar rumah yang usianya masih kecil. Mereka akan sangat senang menerimanya ketika bersilaturahmi ke rumah Anda bersama keluarganya.

Tukarkan uang THR Anda dengan pecahan uang kecil baru, agar bisa dibagi dengan mudah di dalam amplop kecil. Penukaran uang baru ini bisa dilakukan di bank umum atau jasa penukaran uang baru dadakan yang kerap muncul jelang lebaran.

3. Bayar Utang

Ketika mendapatkan uang tambahan selain pemasukan seperti biasanya, usahakan menyisihkan sebagian untuk membayar utang. Ini penting, demi agar Anda bisa berlebaran dengan tenang tanpa dihantui kehadiran debt colector yang ‘bersilaturahmi’ ke rumah.

Baca Juga  Richard Branson: 5 Rahasia Memulai Bisnis

Umumnya, sebuah rumah tangga memiliki utang lazim berupa kredit kendaraan, rumah, atau barang-barang lainnya. Beruntung, biasanya kreditan ini sistem pembayarannya secara mencicil, sehingga Anda tak perlu menyerahkan semua uang hasil dari THR lebaran untuk memenuhi pembayarannya.

Syukur-syukur jika Anda bisa melunasi semua utang yang menjadi tanggungan dengan uang THR. Namun, jika nominalnya tidak mencukupi untuk melunasi semuanya, maka pastikan lunasilah cicilan khusus bulan ini sesuai tenggat yang diberikan per bulannya.

4. Ditabung/Investasi

Solusi paling cerdas untuk mengalokasikan uang THR adalah dengan menabungnya. Anda juga bisa menginvestasikannya agar uang itu bisa ‘beranak-pinak’.

Menabung bisa dilakukan secara konvensional di dalam celengan yang disimpan di rumah, atau bisa juga di bank. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu, ada pula cara menabung online yang populer di kalangan generasi kekinian.

Sementara, berinvestasi artinya Anda mempercayakan uang THR itu kepada pihak ketiga untuk memutarnya di pasar modal. Tentunya dengan harapan uang itu bisa menghasilkan profit, meski dipastikan tetap ada potensi kerugian di sini. Anda bisa berinvestasi melalui saham, forex, emas, atau instrumen lainnya.

Baca Juga  3 Cara Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun

5. Membantu Sesama

Selain menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri, Anda bisa memanfaatkannya untuk membantu sesama. Dari semua solusi, bisa jadi inilah solusi paling mulia.

Perlu Anda ketahui, tak semua orang mendapatkan uang THR jelang lebaran. Ada sebagian orang yang harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan pemasukan tambahan demi bisa memenuhi kebutuhan lebaran yang meningkat.

Yang patut Anda ingat, dengan membantu sesama, hakikatnya Anda tidak kehilangan uang THR, justru akan bermanfaat bagi si penerima. Lagipula, amal tersebut akan menjadi celengan Anda di akhirat kelak.

6 Strategi Cara Price Action yang Berhasil

BLT Dana Desa Akan Cair Bulan Ini

THR Lebaran Tidak Cair, Lakukan Trik Ini