in

Cara Aman Tukar Uang Baru untuk Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Cara Aman Tukar Uang Baru untuk Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19
Uang baru (C) SHUTTERSTOCK

Tahun 2020 ini, Bank Indonesia tak lagi melayani penukaran uang anyar secara terbuka di tengah pandemi covid-19. Lalu, bagaimana cara aman tukar uang baru untuk lebaran nanti?

Jelang hari raya Idhul Fitri, biasanya masyarakat banyak yang berbondong-bondong menukarkan uangnya dengan uang baru yang pecahannya lebih kecil. Mereka rela antre panjang di sejumlah titik demi mendapatkan lembaran-lembaran rupiah yang masih mulus hasil penukaran.

Kini, adanya pandemi covid-19 memaksa BI tidak membuka penukaran uang anyar seperti biasa di sejumlah titik ruang terbuka seperti di Monas (Monumen Nasional). Larangan mengadakan kegiatan berkerumun demi memutus mata rantai covid-19 menjadi alasan utamanya.

Dikutip dari Merdeka.com, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang, Marlison Hakim menyebut penukaran uang baru hanya tersedia melalui loket-loket bank. Penukaran itu bisa dilakukan mulai tanggal 29 April hingga 20 Mei 2020.

Tercatat, ada 3.742 kantor cabang bank di seluruh Indonesia yang menerima layanan penukaran uang anyar. 344 di antaranya merupakan kantor cabang bank di daerah Jabodetabek dan sisanya 3.398 kantor cabang bank di wilayah luar Jabodetabek.

Baca Juga  Likuiditas Perbankan Ditambah Oleh BI

“Penukaran uang tahun ini disesuaikan dengan ketentuan protokol PSBB sehingga untuk masyarakat penukaran bisa dilakukan di loket yang tersedia di bank,” kata Marlison.

Persyaratan Agar Aman Tukar Uang Baru

Bank Indonesia sudah meminta perbankan agar menerapkan protokoler kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 dalam memberikan layanan penukaran uang anyar. Itulah persyaratan utama masyarakat agar bisa menukarkan uang baru jelang lebaran.

Mereka yang ingin menukarkan uang baru, ketika datang ke kantor cabang bank terdekat harus mengenakan masker. Pihak bank yang bersangkutan juga harus mengadakan pemindaian suhu tubuh calon penukar uang anyar. Yang utama, physical distancing harus diberlakukan secara maksimal.

ronde baru perang dagang

Ronde Baru Perang Dagang Kemungkinan Dimulai

Karantina Uang Lebaran oleh Bank Indonesia

Karantina Uang Lebaran oleh Bank Indonesia