in

Bayar Zakat Fitrah Online, Ini 7 Aplikasinya

Bayar Zakat Fitrah Online, Ini 7 Aplikasinya
Wanita berzakat lewat smartphone (C) SHUTTERSTOCK

Umat Islam punya kewajiban membayar zakat fitrah di bulan suci Ramadhan. Pandemi covid-19 (virus corona) membuat ada kekhawatiran di benak masyarakat jika harus keluar rumah untuk membayarkan zakat di Badan Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh seperti biasanya. Tenang, sekarang sudah ada aplikasi bayar zakat fitrah online.

Dengan aplikasi canggih ini, Anda bisa tetap bisa membayar zakat fitrah tanpa harus keluar rumah, bertatap muka dengan petugas, atau khawatir terjangkit covid-19. Setidaknya ada tujuh aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menuntaskan kewajiban membayar zakat fitrah di pegujung bulan Ramadhan ini.

1. Bayar Zakat Fitrah Online dengan Jenius

Menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz), Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) memiliki sebuah aplikasi keren untuk membayar zakat secara online. Aplikasi tersebut bersama Jenius.

Cara membayar zakat pakai aplikasi ini juga sangat mudah, yang diawali dengan mendownload aplikasi. Setelah aplikasi terbuka, pilihlah menu Send It di aplikasi Jenius. Selanjutnya, pilih saja menu Tagihan, Amal dan Donasi. Lalu, masukkan nominal, dan tekan tombol Selanjutnya.

Baca Juga  Tips Megoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan ( Part 2)

2. DANA

DANA merupakan aplikasi dompet digital yang lama ada. Aplikasi ini membuat Anda tidak perlu keluar rumah jika ingin membayarkan zakat fitrah.

Aplikasi ini kabarnya sudah menjalin kerja sama juga dengan Dompet Dhuafa. Merekalah yang nantinya akan menjadi mitra untuk menyalurkan zakat yang Anda bayarkan.

Caranya sederhana, yakni dengan masuk ke aplikasi DANA, lalu klik fitur Dompet Dhuafa dan pilih jenis zakat yang Anda inginkan, zakat fitrah atau zakat mal. Selanjutnya, masukkan data dengan nominal yang ingin dibayarkan. Terakhir, klik Bayar Zakat untuk membayar.

3. Tokopedia

Membayar zakat fitrah ternyata juga bisa melalui aplikasi toko online seperti Tokopedia. Syarat utamanya, Anda harus punya akun Tokopedia tentunya.

Jika Anda tak paham berapa nominal zakat yang harus dibayarkan, jangan khawatir. Aplikasi Tokopedia ini siap membantu Anda untuk menghitungnya dengan bantuan kalkulator zakat.

Tokopedia sudah bekerja sama dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan NU Care-Lazisnu. Untuk penyaluran zakat, mereka menggadeng Dompet Dhuafa, BAZNAS, Rumah Yatim, Rumah Zakat, Lembaga Amil Zakat Al-Azhar, NU Care-Lazisnu, LAZISMU, dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI).

Baca Juga  Jenius, Aplikasi Zakat dari BTPN dan Baznas

4. Bukalapak

Penyedia layanan toko online lainnya, Bukalapak juga punya fitur yang sama. Anda juga bisa membayar zakat dengan memanfaatkan akun Bukalapak.

Bukalapak punya fitur BukaZakat, yang menawarkan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membayar zakat fitrah.

Caranya gampak, tinggal masuk ke fitur BukaZakat, lalu pilih jenis zakat apa yang ingin Anda bayarkan. Setelah mengetik nominalnya, dan memilih lembaga mana yang dipilih untuk menyalurkannya, tinggal klik Bayar Zakat.

5. Shopee

Tak mau ketinggalan dari penyedia layanan toko online lainnya, Shopee pun punya fitur untuk pembayaran zakat. Fitur ini dinamakan Shopee Barokah yang bisa diakses oleh semua pemilih akun Shopee.

Cara membayar zakat melalui e-commerce ini tak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Masukkan jumlah orang yang ingin dibayarkan zakatnya, lalu cantumkan nomor telepon, alamat e-mail, dan nama si pemberi zakat. Terakhir, klub Bayar Sekarang.

6. Gojek

Bukan cuma aplikasi toko online, ternyata aplikasi ojek online seperti Gojek pun sudah punya layanan pembayaran zakat. Pogram layanan itu disebut program eSedekah.

Baca Juga  5 Cara Menghasilkan Rupiah Tanpa Keluar Rumah

Layanan ini sebenarnya sudah lama tersedia. Kabarnya, tahun ini, selama bulan Maret hingga April, ada kenaikan transaksi pembayaran zakat mencapai dua kali lipat.

Cara membayar zakat lewat aplikasi ini juga tak sulit. Cukup masuk ke akun Gojek Anda, kemudian tekan fitur GoGive, dan pilih Zakat. Lalu, pilih lembaga penyalur zakat, dan terakhir klik Zakat Sekarang.

7. LinkAja

Terakhir, ada aplikasi penyedia layanan dompet digital LinkAja. Apliksi ini juga menawarkan layanan pembayaran zakat fitrah.

LinkAja menjalin kerja sama dengan beberapa pihak sebagai penyalur zakat nantinya. Sebut saja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Bagus di Tengah Pandemi Covid-19

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Bagus di Tengah Pandemi Covid-19

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Lemah di Tengah Pandemi Covid-19

Ramalan Zodiak yang Punya Finansial Lemah di Tengah Pandemi Covid-19