in , ,

5 Alasan Kenapa Investasi Harus Dimulai Sejak Muda

Investasi terkadang luput dari perhatian anak muda. Padahal manfaatnya cukup beragam dan tentu saja akan banyak keuntungan yang akan Anda dapat. Pemilihan investasi pun bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing individu. Apalagi mengingat di umur yang masih muda, Anda pun belum terlalu memiliki tanggungan yang banyak. Ada beberapa alasan penting kenapa Anda harus memulai investasi sejak usia dini. Simak ulasannya di sini!

1. Kebebasan finansial

Hiburan mungkin menjadi tujuan utama dari para anak muda yang sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Terkadang, uang yang dihasilkan pun terpakai untuk beberapa kebutuhan impulsif yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Dengan berinvestasi Anda akan meminimalisir pengeluaran untuk hal-hal tersebut.

Ketika berinvestasi Anda akan memiliki kebebasan finansial. Kebebasan finansial atau financial freedom adalah kondisi dimana Anda memiliki kekayaan atau penghasilan yang bisa mencukup hidup tanpa harus bekerja secara aktif lagi. Ketimbang dihamburkan untuk sepatu atau tas dengan harga yang terbilang fantastis, mungkin sekitar 20% dari pendapatan Anda bisa diinvestasikan, agar keuntungannya pun bisa Anda rasakan di masa mendatang.

Baca Juga  Pentingnya Menyiapkan Dana Kesehatan saat Lebaran

2. Meningkatkan nilai keuangan

Tentu ini menjadi salah satu manfaat investasi yang paling utama. Keuntungan dari investasi tersebut tentu saja bisa meningkatkan nilai aset dan keuangan Anda. Apalagi jika kamu memulai dari usia yang lebih muda, tentu keuntungan yang didapat akan semakin besar.

Jika memulai sejak dini, Anda akan masih bisa belajar untuk mengembangkan investasi tersebut. Sehingga jika hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda masih memiliki waktu untuk mengganti instrumen investasi dan mulai belajar kembali.

3. Membuat pribadi lebih disiplin

Anda suka merasa boros? Mungkin investasi bisa menjadi salah satu jurus jitu untuk mendisplinkan diri sendiri. Coba mulai menyalurkan sebagai pendapatan Anda untuk investasi yang menarik perhatian Anda. Dengan begitu, lama kelamaan pun Anda pasti semakin bisa mengatur pengeluaran setiap bulannya.

4. Menghindari inflasi

Inflasi memang tidak bisa dihindari. Inflasi pasti akan terjadi di semua negara setiap tahunnya, namun tentu saja dengan tingkatan yang berbeda-beda. Hal ini tidak bisa ditanggulangi melalui tabungan saja, kenapa?

Baca Juga  6 Aplikasi Pengatur Keuangan Pilihan untuk Android

Jika Anda menyimpan dana melalui tabungan, nilainya akan tergerus akibat terjadinya inflasi. Tapi hal ini tidak akan terjadi pada investasi. Jika Anda mengalokasikan dana untuk melakukan investasi, justru Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena terjadinya inflasi.

5. Modal awal untuk masa depan

Ketika berinvestasi tentu saja hasilnya akan bisa dirasakan di masa mendatang nanti. Hasil investasi inilah yang akan menjadi modal awal ketika Anda sudah melewati masa produktif, dan penghasilan berkurang.

Berbeda dari menabung yang hanya memiliki bunga rendah, dengan investasi bahkan hasilnya bisa mencapai dua kali lipat dari modal awal. Dengan berinvestasi sedari dini, setidaknya Anda sudah bisa memiliki dana yang cukup untuk dinikmati di hari tua nanti.

Tinggalkan Balasan

Panduan Mudah Investasi Reksadana untuk Pemula

Mengenal Broker Roboforex