in ,

Mengenal Lebih Dalam Cryptocurrency, Mata Uang Digital

Istilah Cryptocurrency kerap terdengar sejak beberapa waktu lalu. Bahkan bisa dibilang Cryptocurrency pun menjadi salah satu fenomena digital yang sedang berkembang. Tapi masih tak banyak orang tahu mengenai definisi mendalam dan seluk beluk istilah tersebut.

Padahal Cryptocurrency pun bisa menjadi salah satu pilihan investasi karena nilainya yang terus meningkat. Pada artikel ini Anda akan mengenal lebih dalam mengenai apa itu istilah Cryptocurrency. Mari simak bersama!

Definisi Cryptocurrency

Jika melihat dari kata, istilah tersebut berasal dari dua kata, yaitu crypto yang berasal dari cryptography (bahasa persandian dalam dunia komputer) dan currency (nilai mata uang). Dari sini pun Anda bisa membuat kesimpulan bahwa Cryptocurrency adalah sebuah mekanisme mata uang digital yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi secara virtual (melalui internet) atau dengan kata lain dompet digital.

Awal mula Cryptocurrency

Mata uang digital atau Cryptocurrency masih termasuk dalam inovasi baru. Pertama kali dihadirkan oleh Satoshi Nakamoto dalam bentuk Bitcoin. Awalnya ia tak berniat untuk membuat sebuah mata uang, namun tujuan utamanya adalah untuk membuat uang digital atau “peer to peer electronic cash system”. Kini pun Satoshi dianggap sebagai pelopor uang digital saat Bitcoin diciptakan.

Baca Juga  Utang Kartu Kredit Membelit Tanpa Ampun? Inilah Strategi untuk Keluar dari Belitannya!

Baca juga: ETORO MELUNCURKAN PERDAGANGAN CRYPTOCURRENCY DI 31 AMERIKA SERIKAT (OPEN LIST) (0 SUBMISSIONS)

Bagaimana model transaksinya?

Jika biasanya Anda menggunakan bank maka model transaksi tersebut memiliki sifat yang tersentralisasi. Dimana Anda membutuhkan media atau pengirim untuk melakukan transfer dan sebagainya. Lain lagi dengan Cryptocurrency yang cenderung memiliki sifat terdesentralisasi, yang tidak memiliki perantara.

Transaksi dilakukan secara peer to peer dari pengirim ke penerima. Transaksi murni berbasis online dan bisa menggunakan telepon selular. Misalnya, pembayaran, penerimaan, atau transfer, semua dilakukan melalui internet. Anda bisa melakukan pengiriman uang dan lainnya kapan pun yang Anda mau tanpa dibatasi jarak waktu.

Selain itu transaksi Cryptocurrency terjadi dalam sebuah platform bertajuk Blockchain. Blockchain adalah rantai jaringan yang terbentuk dari blok-blok mandiri. Blockchain ini pun berfungsi mengatur dan menyimpan data transaksi pada setiap blok.

Tinggalkan Balasan

Polemik Bisnis MLM, Halal atau Haram?

Jangan Abaikan Stop Loss, ini Fungsinya dalam Trading Forex