in ,

4 Langkah untuk Meraih Kebebasan Finansial

(Foto: Pexels)

Meraih kebebasan finansial mungkin menjadi salah satu impian banyak orang. Apalagi jika Anda bisa meraihnya di usia yang dini. Meraih kebebasan finansial lebih cepat, tentunya akan membuat keuanganmu menjadi lebih stabil di masa mendatang.

Untuk meraih kebebasan finansial memang bukanlah hal yang mudah. Tapi ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Berikut adalah 4 langkah untuk meraih kebebasan finansial. Mari simak!

1. Bertanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bisa menguntungkan tapi bisa jadi sebuah jebakan. Anda terlalu terlena untuk menggunakannya, sampai-sampai tagihan ternyata di luar ekspektasi. Hal yang harus Anda lakukan adalah untuk bertanggung jawab dalam penggunaan kartu kredit.

Setidaknya, catat semua pembayaran yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Sehingga, jika penggunaannya sudah berlebihan Anda bisa membatasinya. Selain itu, pastikan untuk membayarnya tepat waktu dengan jumlah yang tepat.

Membayar jumlah minimum hanya akan menambah utang. Apalagi dengan bunga yang cukup besar, tagihan pun akan lebih cepat membesar.

2. Kurangi belanja impulsif

Poin yang satu ini menjadi faktor yang cukup penting. Pasti Anda pernah sedang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, dan membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Tapi karena termakan oleh diskon, Anda malah berujung belanja cukup banyak.

Baca Juga   4 Hal Penghambat Anda untuk Menjadi Orang Kaya

Saatnya meninggalkan kebiasaan ini. Jika Anda ingin meraih kebebasan finansial, saatnya untuk mengurangi belanjaan yang bersifat impulsif. Belanjalah jika memang Anda membutuhkannya, bukan ketika Anda menginginkannya.

3. Persiapkan dana darurat

Dana darurat itu penting. Anda tidak bisa memprediksi hal-hal yang akan terjadi kedepannya. Bisa saja tiba-tiba laptop atau telepon selular Anda rusak, padahal Anda membutuhkannya untuk bekerja.

Nah, Anda bisa mengandalkan dana darurat untuk membayar keseluruhan biaya tidak terduga tersebut. Mulailah dengan menyisihkan sebagian gaji Anda.

Tapi ingat perhitungkan dengan baik, jangan sampai menabung dana darurat malah membuat Anda susah karena tidak memiliki uang.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat

4. Mulai mencari pendapatan lain

Meraih kebebasan finansial tidak bisa hanya mengandalkan gaji saja. Mulailah untuk mencoba mendapatkan penghasilan dari bidang lain, misalnya dari investasi atau menjadi freelance.

Jika Anda mendapatkan pekerjaan di luar pekerjaan penuh Anda, uang yang Anda hasilkan bisa Anda tabungkan langsung. Jangan terlena untuk menggunakannya karena merasa memiliki pendapatan yang lebih.

Baca Juga  Pentingnya Mengajarkan keuangan Sesuai dengan Kategori Usia

Sedangkan untuk investasi, Anda akan bisa merasakan hasilnya memang tidak dalam jangka waktu yang sebentar. Tapi keuntungannya pun bisa lebih besar. Perbanyak belajar tentang investasi dan berkonsultasi, untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

Tinggalkan Balasan

Inilah Simulasi Periksa Kesehatan Dompet yang Mudah untuk Anda

6 Broker Terbaik di Indonesia