in ,

5 Cara Menghemat Gaji untuk Kebutuhan Sebulan

perempuan karir
(Foto: Pexels)

Sering merasa gaji selalu habis? Sudah bekerja lama tapi tidak punya tabungan? Mungkin Anda kurang pandai dalam hal menghemat gaji. Apalagi jika sudah tanggal tua, tidak disadari tiba-tiba dana di rekening sudah berkurang. Anda pun harus bersusah payah untuk bertahan hingga tanggal gajian selanjutnya. Untuk hal ini, Anda harus menyiasatinya dengan menghemat gaji Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti. Simak di artikel ini!

1. Langkah pertama, catat semua pengeluaran dan pemasukan

Coba sebutkan apa saja pengeluaran Anda kemarin? Beberapa orang tidak bisa menjawabnya. Cenderung kita suka lengah atas pengeluaran-pengeluaran kecil, seperti bayar parki dan sebagainya. Padahal jika dihitung-hitung pun pengeluaran tersebut cenderung bisa membengkak juga, lho.

Untuk itu hal yang pertama Anda harus lakukan adalah catat semua pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam sebulan, hingga ke pengeluaran terkecil. Anda bisa menggunakan bantuan berupa aplikasi pengatur keuangan agar lebih mudah dalam hal pencatatan.

2. Langsung bayar tagihan setelah gajian

Jangan tunda untuk membayar tagihan. Membayar tagihan langsung setelah gajian menjadi salah satu cara untuk mencegah dana terpakai untuk hal-hal lain.

Baca Juga  Cara Cerdas Menghindari Jebakan Pinjaman Online

Jangan sampai dana yang memang ditujukan untuk membayar tagihan tersebut justru terpakai untuk kebutuhan yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Jika tagihan yang harus dibayarkan adalah tagihan kartu kredit, sebisa mungkin untuk membayarnya secara penuh.

Karena, jika Anda hanya membayar jumlah minimal dari kartu kredit, utang akan bertumpuk dan malah menambah tagihan.

3. Buat daftar belanja

Jika memang Anda memiliki daftar yang harus dibelanjakan tiap bulannya. Buat daftar belanja yang harus dibeli selepas gajian. Sehingga Anda bisa menyisihkan sejumlah dana yang akan digunakan untuk belanjaan tersebut.

Anda pun harus membedakan belanjaan yang memang menjadi kebutuhan dan belanjaan sekunder, seperti baju dan sebagainya.

Batasi pengeluaran untuk belanjaan impulsif. Jangan tergoda berbagai promo yang dihadirkan. Ingat tujuan Anda adalah untuk berhemat.

Baca juga: Jurus Alokasi Gaji untuk Kamu yang Single

4. Menghemat uang makan

Pengeluaran untuk makan menjadi salah satu anggaran yang besar. Anda bisa mengakalinya dengan membawa bekal ke kantor untuk menghemat gaji.

Baca Juga  Ingin Kredit Mobil? Baca Syarat-syarat Berikut

Jangan terus menerus makan di tempat yang cukup mahal. Anda tetap bisa makan enak di rumah makan dengan harga murah.

5. Jangan berlangganan hal yang tidak diperlukan

Kini berlangganan Spotify, Tv kabel, hingga Netflix seperti sudah menjadi keharusan di dalam satu rumah. Tapi Anda harus mengingat kembali, apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Jika merasa Anda tidak terlalu sering untuk menonton tv, sebaiknya tidak usah berlangganan Tv kabel. Sedangkan untuk berlangganan lainnya, usahakan untuk mengikuti paket promo sehingga Anda mendapatkan harga yang murah.

Seperti Spotify yang memiliki paket keluarga, dimana dengan membayar 79.000 Anda bisa berlangganan dengan 5 anggota keluarga lainnya.

Dibandingkan harus berlangganan sendiri, sepertinya pilihan ini akan lebih tepat untuk Anda yang ingin berhemat. Sedangkan untuk Netflix pun memiliki paket yang hampir serupa, dimana satu user bisa digunakan untuk beberapa akun.

Sudah tahu caranya? Ayo mulai hidup lebih hemat!

Tinggalkan Balasan

Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas

Mengintip Jastip (Jasa Titip), Usaha Kecil yang Menggiurkan