in , , ,

Syarat Ikut Mudik Gratis Ala Kemenhub, Simak Yuk Agar Tak Kehabisan Kursi

Ilustrasi : pemberangkatan transportasi mudik lebaran 2019

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali menggelar mudik gratis di beberapa kawasan terutama di Pulau Jawa. Pendaftarannya bahkan sudah dimulai sejak Rabu lalu, (20/3/2019). Bagi Anda yang tidak ingin kehabisan kursi dari program itu, bisa mengajukan pedaftaran lewat website masing-masing Dinas Perhubungan.

Untuk memfasilitasi mudik gratis 2019 ini, Kemenhub menyatakan telah meyiapkankan anggaran sebesar Rp 34 miliar. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp27,6 milliar.  “tahun ini naik Rp7 miliar, jadi tahun ini Rp34 miliar,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi

Nantinya, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor diharuskan untuk melampirkan STNK serta berlaku untuk satu motor dan satu keluarga. Atau bisa dengan mendaftar secara online di mudikgratis.dephub.go.id .

Tak hanya anggaran, jumlah kota tujuan yang disiakan untuk program ini  juga bertambah lebih banyak.  Terdata dari 32 kota tujuan, tahun ini Kementerian Perhubungan menambah kota tujuan menjadi 40, yang tersebar mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Baca Juga  IHSG Diperkirakan Melonjak Akibat Kelonggaran Buyback

Sementara, fasilitas untuk angkutan truk motor juga turut naik dari tahun 2018 yang hanya 70 truk. Kini, tahun 2019 menjadi 100 truk pengangkut. Dengan jumlah tersebut, diperkirakan bisa mengangkut sebanyak 3.500 sepeda motor milik pemudik.

Kemenhub juga telah menyiapkan sebanyak 1.200 bus. Jumlah bus tersebut juga bertambah dari realisasi tahun 2018 yang hanya ada sebanyak 1.073 bus. Dengan mempertimbangkan realisasi pemudik yang memanfaatkan program mudik gratis mencapai 44.041 pemudik.

“Fokus kami kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor supaya bisa ikut program mudik gratis, sehingga selain mengurai angka kemacetan juga mengurangi angka keceakaan,” tambahnya

Syarat dan Cara Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2019

Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus :

  1. Pendaftaran Mudik Bus secara online mulai tanggal 20 Maret 2019
  2. Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi
  3. Syarat pendaftaran: Kartu Keluarga, KTP dan STNK (bagi yang membawa Sepeda Motor)
  4. Daftarkan diri anda segera secara online melalui link ini

Pendaftaran Mudik Gratis Moda Kereta Api :

  1. Pendaftaran Motor secara online mulai tanggal 12 Maret 2019 untuk pengangkutan motor arus mudik pada tanggal 27 Mei-2 Juni 2019 dan arus balik pada tanggal 8-13 Juni 2019
  2. Pendaftaran akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi
  3. Daftarkan diri anda segera lewat alamat ini

Tinggalkan Balasan

Program Mudik Gratis Dengan Kereta Api Sudah Dibuka, Begini Cara Mendapatkanya !

Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas