in

KPR Refinancing, apa Untung Ruginya?

Untung Rugi KPR Refinancing (AturDuit)

Pernahkah anda mendengar istilah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Refinancing? Bagi yang belum pernah mengetahuinya, Anda berada di tulisan yang tepat. Bagi yang memang sudah mengetahui, saatnya untuk memahami kembali proses KPR refinancing. Siapa tahu Anda tertarik untuk kembali melakukan refinancing. Berikut adalah informasi singkat mengenai produk KPR Refinancing dilansir dari Amalan.

Apa itu KPR Refinancing?

Refinancing adalah langkah menggunakan pinjaman baru untuk melunasi utang yang lama, hanya saja pinjaman yang baru ini memiliki ketentuan yang lebih meringankan dibanding utang yang lama, misalnya bunga yang lebih rendah.

Biasanya dengan melakukan refinancing, bunga bisa lebih rendah dan cicilan per bulan bisa lebih rendah. Terlebih dari itu, Anda juga bisa mendapatkan uang tunai  pada jenis-jenis tertentu.

Khusus untuk KPR Refinancing, program ini memang dikhususkan untuk Anda yang merasa kesulitan menyelesaikan utang KPR yang sudah berjalan. Dengan program ini, Anda bisa “memindahkan” sisa angsuran KPR di bank lama ke lembaga keuangan/bank yang baru. Artinya, bank yang baru akan langsung melunasi angsuran di bank lama, dan Anda tinggal mencicil sisa angsuran tersebut di tempat baru dengan bunga yang lebih rendah.

Baca Juga  Gagal Berinvestasi? Tenang, Lakukan Hal Berikut Ini (Part 1)

Keuntungan KPR Refinancing

Keuntungan yang utama dari KPR Refinancing adalah Anda bisa memindahkan sisa cicilan ke pihak lain dengan bunga yang lebih rendah.

Dengan bunga pinjaman yang lebih rendah, artinya Anda juga memiliki cicilan yang lebih rendah juga, di saat seperti ini Anda pun bisa memanfaatkan kesempatan dengan menghemat lebih banyak lagi. Sisa uang yang berhasil dihemat tentunya bisa ditabung dan dimanfaatkan untuk pengeluaran lain yang juga membutuhkan.

Selain itu Anda bisa mendapatkan dana segar. Yaitu jenis KPR Refinancing yang memungkinkan Anda untuk memindahkan sekaligus mengajukan pinjaman tambahan, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan lain

Risiko KPR Refinancing

Dibalik sebuah keuntungan, tentunya ada juga risiko yang harus ditanggung. Berbicara tentang KPR Refinancing, ada juga kekurangan yang wajib diperhatikan. Saat berencana untuk mengikuti KPR Refinancing, sebaiknya perhatikan kontrak yang sudah berlangsung dengan bank yang menerbitkan kredit pemilikan rumah Anda. Apakah ada sistem penalti yang akan dikenakan terhadap nasabah yang bersangkutan?

Baca Juga  Pengertian Fintech, Inovator Bidang Finansial

Biasanya penalti muncul dalam nominal yang tidak kecil, sehingga hal tersebut juga perlu diperhatikan bagi debitur. Namun begitu, hal ini tidak bisa disama-ratakan ya. Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda mengenai perhitungan penalti.

Baca Juga: Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Ingin memulai bisnis properti tanpa modal? Begini caranya.

Awal Pekan, Nilai Tukar Rupiah Menguat