in

Richard Branson: 5 Rahasia Memulai Bisnis

Minimnya lapangan pekerjaan tentunya membuat otak kita berpikir keras mengenai cara untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Membuka sebuah bisnis merupakan salah satu jalan keluarnya. Belakangan ini, entrepeneurship tengah marak di Indonesia. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui rahasia memulai bisnis agar mencapai puncak kesuksesan.

Acap kali, beberapa diantara mereka ditemukan sukses dalam menggeluti bisnis yang mereka bangun. Namun, tidak sedikit juga yang terpuruk dan menyerah saat memulai bisnisnya.

Baca Juga: Yuk! Buat 5 Bisnis Tanpa Modal melalui Instagram

Hal ini juga berlaku pada orang awam lainnya yang takut atau pun ragu untuk membuka bisnis. Dikarenakan ketidaktahuan terhadap ilmu bisnis itu sendiri, seringkali mereka mundur dan memilih untuk tidak pernah mencoba.

Keraguan Anda mengenai hal ini dengan tegas dijabarkan oleh Richard Branson dalam bukunya yang berjudul, “Like a Virgin: Rahasia Bisnis yang Tak Diajarkan di Sekolah Mana pun”.

Melalui pengalamannya sendiri dalam mendirikan sekaligus empunya Virgin Atlantik, sebuah maskapai penerbangan asal London sejak 1984 ini, Branson menuangkan segala rahasianya untuk memulai bisnis.

Apa saja 5 Rahasia Memulai Bisnis tersebut?

1. Melakukan Apa yang Disukai

“Do What You Love”, sebuah slogan yang menanamkan pada Anda untuk mengikuti passion. Untuk itu, sangat penting sekali jika Anda memilih sebuah usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang Anda minati. Dan akan lebih baik jika bisnis tersebut kamu kuasai dengan baik.

Richard Branson menjelaskan bahwa pebisnis layaknya seorang seniman yang dihadapkan dengan sebuah kanvas kosong. Mereka sama-sama harus mengisi kanvas kosong tersebut dengan sebuah karya. Selama Anda menyukai hal yang Anda lakukan, selama Anda terjun dan menyelam mengikuti passion anda, maka tidak ada kata beban dalam melakoni bisnis Anda.

Baca Juga  Bisnis Makanan Anda Gagal? Simak Penyebabnya Berikut

Meskipun begitu, membuka bisnis sendiri bukan berarti mengambil jalan tengah bahwa semuanya akan mudah karena Anda sendiri bosnya. Dimana tidak akan ada sesorang yang mengatur jam kerja Anda, pola kerja Anda, dan lain sebagainya. Nyatanya, karena Anda harus memulai sendiri dan mengatur pekerjaan Anda sesuka hati diperlukan komitmen dan kedisiplinan yang ekstra agar bisnis Anda berjalan.

Kembali ke poin awal; lakukan yang Anda cintai, tekuni, dan bersabar. Karena selama apa pun waktu yang ditempuh, jika Anda menyukai bisnis Anda maka tidak akan ada kata lelah di dalamnya.

Baca Juga: 6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

2. Membuat Perbedaan dan Inovasi

Rahasia kedua dalam memulai bisnis yaitu pentingnya perbedaan dan inovasi pada bisnis Anda. Sentuhan-sentuhan yang berbeda mampu menarik pelanggan dari kompetitor lain. Orang-orang akan mengenali bisnis anda dengan mudah jika ada terobosan baru yang kamu tambah di dalamnya. Hal ini dapat memperlihatkan kualitas bisnismu agar terlihat lebih unggul dibanding bisnis orang lain yang sejenis.

Contoh sederhana yang dapat kamu aplikasikan adalah dari segi pelayanan. Dilansir dari SimulasiKredit.com, contoh yang nyata yaitu mengedepankan pelayanan yang prima terhadap customer. Hal ini cocok dilakukan bagi Anda yang membuka bisnis dalam bidang jasa. Dapat disimpulkan bahwa, poin penting di sini adalah mengambil hati para konsumen dan memanjakan mereka. Dengan begitu, konsumen akan puas dan mengulangi atau bahkan mempromosikan bisnismu kepada yang lain.

Baca Juga  Yuk Simak Peluang Usaha Yang Menjanjikan Cuan di Masa Depan!

3. Memperkuat Team Work

Saat memulai bisnis dan ketika bisnis mulai berkembang, diperlukannya sekelompok orang untuk membuat bisnismu berjalan lancar. Nah, kekuatan team work dalam menjalankan bisnis sangatlah penting. Anda perlu membangun dan memperkuat team work agar menjadi tim yang solid serta loyal dalam bisnis Anda.

Hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah membuat partner atau pegawai anda betah untuk bekerja pada bisnis yang Anda dirikan. Hal ini merupakan tuntutan bagi Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang yang nyaman dan kondusif. Buatlah mereka merasakan menjadi bagian penting dalam sejarahnya perkembangan bisnis Anda. Dengan kebanggan dan team work yang merekat, maka bisnis pun kian kuat.

4. Banyak Mendengar dan Memperhatikan

Sebagai seorang pemimpin yang memulai bisnis Anda sendiri, anda adalah sosok yang berdiri paling depan dalam proses pembangunan dan perkembangan bisnis Anda tersebut. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan bisnis Anda, maka semakin banyak pula pegawai yang ada di bawah naungan Anda. Untuk itu, Anda harus menjadi pemimpin yang baik dengan cara banyak mendengar dan memperhatikan.

Memanusiakan manusia, merupakan slogan yang cocok bagi Anda sang bos besar dalam sebuah bisnis. Ingat! Meskipun Anda adalah sosok yang disegani dan berada di puncak piramid dalam bisnis tersebut. Anda perlu memperhatikan bagaimana rekan kerja anda bekerja, lalu dengarkan apa yang ingin mereka sampaikan. Berikan mereka kebebasan untuk mengajukan pendapat mau pun kritikan. Toh, itu semua untuk kepentingan bisnis Anda. Menghargai apa-apa saja yang telah dicapai oleh rekan kerja merupakan bentuk pengapresiasian Anda; berikan pujian yang pantas diterima oleh mereka.

Baca Juga  Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Investasi Gagal

5. Banyak Bertemu dan Berinteraksi

Dikutip dari SimulasiKredit.com, Richard Branson dalam bukunya menegaskan bahwa pemimpin yang baik tidak akan terkurung di belakang meja saja, namun keluar langsung ke lapangan. Seorang pebisnis sejati seharusnya sering bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Bukan saja dengan para rekan kerja dan pegawai Anda, namun juga para konsumen atau mungkin orang-orang yang masih menjadi target atau calon konsumen Anda.

Menjadi lebih dekat dengan pegawai dan konsumen mampu memberikan gagasan maupun ide baru mengenai kelanjutan bisnis Anda. Adanya masukan berupa kritik, pertanyaan, maupun saran tentu mampu menambah poin baru terhadap bisnis Anda. Hal-hal tersebut penting untuk dicatat dan segera didiskusikan kedepannya. Karena, jika hanya didengarkan, tidak ada yang bisa menjamin kalau masukan-masukan tersebut akan diingat berhubung banyak sekali hal yang perlu diselesaikan oleh seorang pemimpin.

Nah, itu tadi 5 rahasia memulai bisnis yang dijelaskan oleh Richard Branson di dalam bukunya. Memulai bisnis tentu bukan jalan pintas yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tapi, sunggh kegigihan dan kerja keras tentu akan menyimpulkan senyum bangga di akhir kan, Bos? Semoga bermanfaat Ya!

Tinggalkan Balasan

Facebook Meluncurkan Desain Ulang pada Privasi dan Grup

Ramdhan hemat untuk anak kos

Untuk Anak Kos, 3 Tips Hemat di Bulan Ramadhan