in

Untuk Anak Kos, 3 Tips Hemat di Bulan Ramadhan

Ramdhan hemat untuk anak kos
Cutting costs

Dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ternyata menjadi waktu yang tepat khususnya bagi anak kos untuk menekan angka pengeluarannya. Hal tersebut dapat dilakukan karena pengeluaran untuk uang makan dan jajan tentunya akan berkurang, dikarenakan menjalankan ibadah puasa. Lalu bagaimana cara agar para anak kos dapat lebih maksimal ‘berhemat’ dibulan Ramadhan seperti saat ini? Berikut 3 tips Ramadhan hemat untuk kalian anak kos

1. Memasak Sendiri Kudapan Sahur

Saat hendak makan sahur, perubahan pola makan dari pagi menjadi dini hari tentunya akan menimbulkan rasa malas khususnya bagi para anak kos, untuk menyiapkan kudapannya sendiri. Akibatnya membeli makanan siap saji diwarung-warung menjadi alternatif pilihan yang dilakukan.

Jika sekali-kali dilakukan sebenarnya hal tersebut tidaklah menjadi masalah, namun jika terus dilakukan selama bulan Ramadhan pengeluaran keuangan untuk makan tentunya akan menjadi membengkak. Hal tersebut dapat diatasi dengan memasak sendiri kudapan sahur. Saat membeli bahan-bahan makanan sobat dapat berpatungan dengan kawan kos.

Selain pengeluaran akan lebih murah, porsi makananpun akan lebih banyak dan akan lebih terjamin kebersihannya.

Baca Juga  Jangan Galau Ketika Akhir Bulan Mencekam! Berikut Tips Biar Irit

Baca Juga : Tips Amankan Keuangan di Bulan Ramadhan

2. Berburu Takjil

Momen berbuka puasa merupakan momen spesial saat bulan Ramadhan. Hal tersebut tentunya dikarenakan waktu berbuka adalah waktu yang dinanti-nanti bagi para muslim yang berpuasa untuk menyantap makanan. Seperti halnya tips saat makan sahur, saat berbuka puasa sebenarnya pengeluaran dapat dengan mudah ditekan. Kali ini bukan memasak sendiri kudapan berbuka, melainkan dengan berburu takjil. Hal ini dapat dilakukan yaitu menjelang waktu berbuka puasa di masjid-masjid terdekat, ataupun dipusat keramaian kota seperti alun-alun kota dan taman kota.

3. Tak perlu selalu hadir di acara-acara berbuka bersama

Bulan Ramadhan tentunya sangat identik dengan momen kebersamaan, seperti salah satunya adalah momen berbuka bersama.
Tak jarang agenda berbuka bersama dilakukan serempak. Sebagai anak kos tentunya hal tersebut menjadi dilema tersendiri, apalagi untuk para anak kos yang tengah berhemat. Hal tersebut dapat diatasi dengan tak selalu menghadiri agenda buka bersama dan memilih agenda buka bersama yang dirasa penting saja. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh dalam rangka menekan pengeluaran anak kos.

Baca Juga  Tak Ingin Dompet Jebol, Hindari Kesalahan Keuangan Ini (Part 1)

 

Bagaimana? Simpel bukan untuk menghemat pengeluaran kalian para anak kos? Walaupun berhemat, namun tetap jangan melupakan asupan gizi dan kesehatan kalian ya. Salam anak kos!

 

Tinggalkan Balasan

Richard Branson: 5 Rahasia Memulai Bisnis

peran pemerintah dalam pertumbuhan pembiayaan syariah

Pertumbuhan Pembiayaan Syariah, Apa Peran Pemerintah?