in

Tips Amankan Keuangan di Bulan Ramadhan (Part 2)

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, kamu harus pintar-pintar dalam mengelola keuanganmu agar pengeluaran tidak membengkak di akhir bulan. Terutama pada bulan suci Ramadhan ini, dimana kebutuhan dan godaan kian bertebaran. Dikutip dari Kompas.com, berikut 3 tips amankan keuangan di bulan Ramadhan:

1. Ingat Prinsip Kesederhanaan dan Menahan Diri

Tips pertama dalam mengamankan keuangan di bulan Ramadhan dapat dimulai dengan kembali lagi ke tujuan awal di bulan suci ini yaitu pengendalian diri. Mengendalikan segala nafsu untuk merayakan segala sesuatunya dengan heboh atau berlebihan.

Contoh sederhananya adalah keinginan untuk menghidangkan menu buka puasa yang selalu istimewa. Tentu tidak ada salahnya jika kamu ingin menyajikan yang spesial setiap momen berbuka puasa bersama keluarga, namun alangkah lebih baiknya jika seperlunya saja. Tidak harus setiap hari di meja makan tersajikan daging, ayam, seafood atau bahan makanan mahal lainnya. Namun juga bisa menyajikan tahu atau tempe sebagai pemenuhan protein saat berbuka puasa. Nikmat tidak harus selalu mewah, bukan?

Baca Juga  Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 1)

Pun halnya dengan kebutuhan perlengkapan ibadah. Kamu tidak perlu mengganti mukenamu atau sarungmu yang masih bagus tersebut dengan yang baru setiap tahun, bukan? Begitu juga dengan baju-baju lebarannya, sandalnya, atau tas yang notabene sering sekali diperbarui setiap menjelang lebaran.

Jadi, yang perlu diubah di sini adalah pola konsumsi kamu. Selalu ingat akan prinsip kesederhanaan dan menahan diri. Hanya berfokus pada kebutuhan utama dan tidak foya-foya.

2. Belanja Cerdas dengan Promo

Banyak sekali toko perbelanjaan atau pun e-commerce yang memanfaatkan momen Ramadhan sebagai ajang promosi untuk menarik minat konsumen. Nah, disini kamu bisa memanfaatkannya dengan bijak untuk amankan keuangan saat bulan Ramadhan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan go-pay atau pun promo lainnya di beberapa marketplace untuk kebutuhan dapur. Kamu juga bisa menggunakan diskon atau big sale ramadhan pada beberapa tempat perbelanjaan baik yang online atau bukan. Namun tetap ingat akan prinsip kesederhanaan dimana jangan kalap ketika ada diskon yang mantap.

Contoh lainnya adalah memilih rumah makan yang juga menyediakan promo menarik dari kartu kredit dining. Bukan cuma kartu kredit, kamu juga bisa memanfaatkan penawaran diskon atau deal spesial dari penyedia voucher seperti Fave, Shopback, dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa berhemat saat ingin buka bersama di luar rumah.

Baca Juga  Kasus Investasi Ilegal Didominasi Forex, Apa Penyebabnya?

Baca Juga: Yuk! Simak Kiat-kiat Sukses Anthony Tan, Pendiri Grab

3. Siapkan Kebutuhan Besar Jauh-jauh Hari

Menjelang lebaran, banyak harga-harga yang melonjak tinggi. Salah satunya adalah tiket kendaraan, baik jalur darat, air, maupun udara. Untuk itu, kamu perlu dengan matang menyiapkannya jauh sebelum Hari Raya agar terhindar dari “harga lebaran” bagi anda yang perlu mudik. Selain tiket mudik, kamu juga akan mulai menyiapkan oleh-oleh apa saja yang dibagikan ke sanak saudara setiba di kampung halaman. Wow, banyak ya yang perlu disiapkan!

Karena rencana untuk pulang ke kampung halaman berlangsung hampir setiap bulan Ramadan setiap tahunnya maka dari jauh-jauh hari mulailah menabung dan memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan.

Selain menabung dan mengandalkan uang THR, kamu juga bisa melipat gandakan uang yang dimiliki dengan cara berinvestasi. Hal ini menjadi salah satu tips untuk amankan keuangan di bulan Ramadhan. Cobalah untuk berinvestasi pada tempat dan instrumen investasi yang tepat, terpercaya, juga cocok dengan kamu. Berikut artikel yang akan membahas mengenai aplikasi untuk berinventasi dengan modal kecil: Punya Modal Kecil? Coba 4 Aplikasi Investasi Ini, Yuk! Selamat mencoba!

Baca Juga  Simak Investasi yang Cocok Untuk Penikmat Zona Nyaman !

 

Tinggalkan Balasan

Kebutuhan Uang kartal ramadhan-lebaran 2019

BI: Kebutuhan Uang Kartal Ramadhan-Lebaran 2019 Capai 217 T

Belajar Investasi, Bursa efek indonesia

Bursa Efek Indonesia, Efek, Belajar Investasi Yuk!