in

Acara Bukber Banyak? Simak Tips ini Agar Tetap Hemat!

Bulan puasa identik dengan kegiatan rutin atau budaya berupa buka bersama atau bukber. Bukber sering kali dieratkan dengan ajang reunian atau kumpul-kumpul.

Kita sebagai makhluk sosial tentu tidak hanya mempunyai satu atau dua teman saja, bukan? Mulai dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, komunitas, arisan, hangout, dan masih banyak lagi deh. Setiap kelompok teman tersebut, pasti sedari awal sudah merencanakan kegiatan buka bersama. Bukan main dong banyaknya agendamu, maka banyak pula budget yang perlu dikeluarkan.

Niat awal untuk buka bersama sebenarnya untuk menjaga tali silaturahim, namun sayangnya seringkali diikuti dengan pemborosan. Nah, gimana nih supaya tidak boros lagi jika undangan buka bersama banyak? Dilansir dari IDNtimes.com, berikut tipsnya:

Baca Juga: Untuk Anak Kos, 3 Tips Hemat di Bulan Ramadhan

1. Atur Batas Pengeluaran untuk Setiap Acara Bukber

Tips pertama agar tidak boros adalah menegasi garis batasan pengeluaran untuk setiap acara buka bersama. Hal ini harus selaras dengan keuangan harianmu yang biasanya kamu keluarkan untuk kebutuhan di luar.

Baca Juga  Yuk Simak Tips Sukses dari Richard Branson!

Misalnya, kita ambil perumpamaan kamu memiliki budget Rp 250 ribu untuk kebutuhan di luar. Sementara jadwal kamu ada 6 kali buka bersama. Berarti setiap acara bukber, uang yang boleh kamu keluarkan berkisar Rp 24 ribu.

2. Biaya Buka Puasa Harian Tidak Melebihi dari Biasanya

Agar lebih berhemat di bulan puasa, selain membatasi biaya untuk buka bersama kamu pun harus membatasi pengeluaran saat di rumah (sehari-hari). Karena biasanya di bulan Ramadhan kita jadi lebih boros, untuk itu kita harus fokus bahwa pengeluaran saat buka puasa tidak boleh melebihi saat hari-hari sebelum puasa.

Jika biasanya dalam sehari menghabiskan uang Rp 25 ribu. Saat memasuki bulan puasa, kamu pun cukup mengeluarkan Rp 25 rb juga. Pastikan pengeluaran tidak membengkak hanya karena boros untuk membeli keperluan buka puasa di rumah.

3. Membuat Takjil Sendiri

Tanpa kita ketahui, perlahan-lahan yang membuat pengeluaran lumayan banyak adalah saat kita berburu takjil di luar rumah. Disaat posisi sedang lapar dan haus, disaat itulah kamu juga lapar mata. Saat berburu takjil banyak sekali varian makanan atau minuman yang mengundang selera. Sehingga kamu pun kalap memborong semuanya. Namun, nyatanya tidak dihabiskan semuanya, banyak makanan yang masih sisa.

Baca Juga  Maskapai Penerbangan Asing Diberikan Peluang Beroperasi, Akankah Jadi Solusi Untuk Tiket Mahal?

Solusi agar kamu tidak boros yaitu membuat takjil sendiri di rumah. Misalnya, membeli buah secukupnya lalu menaruhnya di kulkas. Selain sehat, kamu pun juga bisa menghemat pengeluaran. Jadi, saat akan bukber atau pun buka puasa di rumah kamu bisa mengambil buah tersebuat sebagai takjil.

Baca Juga: Bulan Berkah Promosi Berlimpah hanya di Big Ramadhan Sale Shopee, Menangkan Hadiah Umrohnya!

4. Bukber di Rumah

Seringkali buka bersama identik dengan makan di restoran mewah. Kenapa kita tidak membuatnya lebih akrab dan hangat dengan mengadakannya di rumah? Membuat kesepakatan bersama agar diadakan di salah satu rumah temanmu. Kalian pun juga bisa lebih akrab saat momen-momen membersihkan rumah, menyiapkan menu buka, dan masak bersama. Disini kamu hanya perlu patungan bahan makanan yang tentunya bisa menekan pengeluaran.

5. Memilah-milah Acara Bukber

Belajar untuk berkata “Tidak” mulai dari sekarang. Tidak semua ajakan buka bersama perlu kamu datangi, kan? Cara ini cukup ampuh untuk menghemat pengeluaran lho.

Baca Juga  Wawancara Kerja? Hindari 5 Perkara Berbahaya ini.!

Selain membuat boros, terlalu banyak menghadiri undangan buka bersama bisa menurunkan kualitas ibadah kamu. Karena bisa melewatkan banyak waktu sholat tarawih dan mengaji.

Mulai dari sekarang, belajar memprioritaskan bukber mana yang perlu didatangi. Karena tujuan awal untuk mempererat tali silaturahim, mungkin kamu bisa memprioritaskan bukber dengan teman-teman yang jarang kumpul. Untuk teman yang sudah sering kumpul kamu bisa nongkrong di siang hari atau kapan pun, karena kalian mudah sekali untuk bertemu satu dengan yang lainnya.

Sekian tips-tips menghemat saat jadwal bukber banyak. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Yuk Menjadi Pebisnis di Bulan Ramadhan!

Tinggalkan Balasan

7 Cara Broker Forex Mencurangi Trader

4 Kunci Sukses Yang Harus Trader Ketahui