in

5 Tips Menghadapi Kenaikan Sembako di Bulan Ramadan

antisipasi kenaikan sembako
Sudah bukan menjadi hal yang mengejutkan apabila harga sembako selalu mengalami kenaikan terlebih saat bulan Ramadan seperti saat ini. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut tips-tips dari PikiranTrader untuk anda.

1. Buat List Sebelum Belanja Sembako

Kegiatan ini mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya hal ini penting dilakukan sebelum membeli sembako agar anda dapat mengetahui apa dan seberapa kebutuhan bahan belanjaan. Selain itu hal ini berguna untuk membantu dalam mengoptimalkan pengeluaran belanja anda untuk membeli kebutuhan yang benar-benar utama dan memang benar-benar dibutuhkan.

2. Belanja di Pasar Tradisional

Pada poin kedua ini dapat menjadi opsi untuk menghemat pengeluaran saat bulan Ramadan sesuai dengan kebutuhan anda. Memang jika dinilai dari segi kenyamanan, supermarket masih jauh lebih nyaman dibanding pasar tradisional. Namun, jika anda berbelanja di pasar tradisional, tentunya harga yang ditawarkan oleh para pedagang akan lebih bervariatif. Selain harga yang bervariatif, tawar menawar tentunya masih bisa dilakukan apabila anda berbelanja di pasar tradisional.

Baca Juga: Yuk Cek Harga Sembako Via Online

3. Gunakan Produk Siap Saji

Poin ke-3 ini mungkin akan menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi kenaikan harga bahan pangan tertentu dibulan Ramadan seperti saat ini. Seperti contohnya anda bisa menggunakan produk bumbu siap saji untuk kebutuhan memasak, guna mengakali kenaikan harga bumbu dapur seperti bawang putih, cabai atau yang lainnya. Selain akan lebih praktis harga produk instan inipun tentunya akan jauh lebih murah mengingat kemasan yang ditawarkan rata-rata dalam jumlah kecil.

4. Sumber Pangan Alternatif

Dilansir dari Detik.com salah satu penyebab kenaikan harga sembako menjelang bulan Ramadan dan hari Raya Idul Fitri ialah karena ketersediaannya bahan pokok yang minim sedangkan permintaan pasar yang begitu tinggi. Ketika terjadi kenaikan harga bahan pokok seperti contohnya beras, andapun dapat mengakalinya dengan mengganti dengan bahan pangan lain selain beras. Anda dapat mengganti sumber karbohidrat ini dengan bahan pangan lain yang jauh lebih murah seperti misalnya sagu, jagung, umbi-umbian atau yang lainnya. Selain lebih murah tentunya juga akan lebih menyehatkan.

5. Belanja Secukupnya

Pada poin ini anda harus benar-benar cerdas dalam memperhitungkan seberapa banyak kebutuhan belanja anda. Apalagi jika bahan pangan yang hendak anda beli harganya kini tengah melambung. Jangan mudah tergiur oleh embel-embel diskon dan ingat untuk tetap bijak dalam memilih bahan belanjaan anda.
Itulah beberapa tips jitu untuk menghadapi kenaikan sembako dibulan Ramadhan. Semoga dapat membantu anda untuk mengatur keuangan dibulan suci Ramadhan.
Baca Juga  Yuk Intip Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffett!

Tinggalkan Balasan

Zakat fitrah, ketentuan dan tatacara

Perhitungan Zakat Fitrah yang Wajib Dipahami

ketahui akar statistik trader pemula

Akar Statistik yang Wajib Anda Miliki Sebelum Masuk Dunia TradingFX