in

Tukar Uang Untuk Lebaran? Perhatikan Hal-hal Berikut!

uang lebaran

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Tak jarang, momen penuh berkah inipun digunakan untuk bersuka cita dengan saling berbagi. Termasuk tradisi yang telah lama dilakukan di Indonesia yaitu dengan memberikan uang pecahan kepada tetangga dan keluarga, yang biasanya diberikan kepada yang masih berusia pra kerja. Atau yang lebih sering umum disebut dengan uang lebaran.

Oleh karena itu, penukaran uang dengan pecahan kecilpun kini tengah ramai dilakukan masyarakat. Lalu hal-hal apa yang perlu diperhatikan saat menukarkan uang? Simak ulasan PikiranTrader berikut.

Waspadai Uang Palsu!

Banyaknya penyedia jasa penukaran uang tak resmi, sering kali dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk mengedarkan uang palsu. Oleh sebab itu anda harus waspada ketika menukarkan uang anda. Terlebih guna keamanan, anda dianjurkan untuk tak menukarkan uang anda kepada penyedia jasa tukar tak resmi atau illegal.

Baca juga : BI: Kebutuhan Uang Kartal Ramadhan-Lebaran 2019 Capai 217 T

 

Tukarkan di Bank Resmi

Dilansir dari cnnindonesia.com dalam menyambut antusiasme masyarakat untuk menukarkan uang dengan pecahan kecil, Bank Indonesia (BI) bersama perbankan telah menyiapkan setidaknya sejumlah 2.941 titik penukaran uang di seluruh Indonesia selama periode Lebaran 2019. Penukaran uang pun sudah bisa dilakukan sejak Senin (13/5) lalu hingga Rabu (29/5) mendatang. Layanan inipun terhitung meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu, yaitu sebanyak 1.176 titik.

Baca Juga  Terlemah dalam Sejarah, Rupiah Tembus Rp15.400/US$

Rincian alokasinya, yakni wilayah Jawa non-Jabodetabek sebesar Rp84 triliun dan wilayah Jabodetabek sebesar Rp51,5 triliun. Sedangkan wilayah Sumatera sebesar Rp41,2 triliun dan wilayah Indonesia Timur sebesar Rp40,4 triliun. Layanan ini dapat anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan penukaran uang anda. Dengan melakukan penukaran uang di bank resmi, andapun tak perlu khawatir akan keamanan uang anda. Selain itu anda juga turut andil dalam penekanan peredaran uang palsu.

 

Perhatikan Persyaratan & Ketentuan

Sebelum anda melakukan penukaran uang, pastikan anda memahami persyaratan dan ketentuan yang telah ditatapkan. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, menjelaskan bahwa Bank Indonesia (BI) mengingatkan maksimal penukaran uang baru sebesar Rp3,9 juta per orang. Selain itu persyaratan wajib bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang juga harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tentunya uang yang akan ditukarkan.

Selain itu, masyarakat hanya diperbolehkan untuk menukar uang satu paket untuk setiap pecahan , dimulai dari pecahan Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu. Rinciannya yakni Rp 20 ribu sebanyak Rp 2 juta, pecahan Rp 10 ribu sebanyak Rp 1 juta, pecahan Rp 5 ribu sebanyak Rp 500 ribu, dan pecahan Rp 2 ribu sebanyak Rp 400 ribu.

Baca Juga  4 Tips Untuk Entry Yang Akurat

Tinggalkan Balasan

6 Jenis Investasi yang Benar dan Aman

Investasi Emas

Berminat Investasi Emas? Berikut Waktu yang Tepat untuk Beli Logam Mulia