in

Mudik? Simak Cara Cerdas Atur Keuangan Mudik Berikut!

Mudik Cerdas

Berkumpul bersama keluarga besar di hari Lebaran tentu merupakan hal paling bahagia yang ingin dirasakan oleh semua umat Muslim di Indonesia. Ya, mudik Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia yang paling dinanti menjelang akhir bulan Ramadan.

Mempersiapkan mudik tentunya membutuhkan kecermatan, terlebih bagi anda yang bertempat tinggal jauh dari kampung halaman. Oleh karenanya dibutuhkan beberapa tips cerdas untuk mengatur keuangan saat mudik, agar saat kembali ke rumah, keuangan anda tetap aman. Lalu bagaimana cara cerdas mengatur keuangan mudik anda? Simak ulasan PikiranTrader berikut.

1. Gunakan Uang THR

Seperti yang kita tahu, momen Lebaran tentunya tak dapat dipisahkan dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Sesuai dengan namanya, anda dapat menggunakan dana THR ini untuk keperluan mudik anda. Namun yang perlu anda garis bawahi, jangan semena-mena dalam menggunakan uang THR. Sisihkan sebagian uang THR untuk keperluan yang lebih primer seperti biaya menabung dan investasi.

Baca juga : Syarat Ikut Mudik Gratis Ala Kemenhub, Simak Yuk Agar Tak Kehabisan Kursi

2. Buat List Pengeluaran Pra Mudik

Dalam poin kedua ini anda dapat mulai mengatur pengeluaran yang akan anda keluarkan saat merencanakan mudik Lebaran. Pengeluaran-pengeluaran tersebut seperti biaya transportasi, logistik atau akomodasi dan pengeluaran lain yang bersifat khusus.

Baca Juga  Menpar: Mudik Jadi Ajang Pemerataan Ekonomi Warga Daerah

Biaya transportasi, anda dapat merencanakan tentang transportasi apa yang hendak anda gunakan untuk mudik. Jika anda menggunakan angkutan umum seperti pesawat, kereta api atau bus, anda dapat segera memesan tiket jauh-jauh hari. Hal ini penting dilakukan selain untuk mengantisipasi kehabisan tiket karena membludaknya pemudik lain, anda juga dapat mengantisipasi kenaikan harga tiket yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat mengatur pengeluaran untuk bahan bakar, biaya tol dan jangan lupa menyisipkan sedikit dana untuk keperluan dadakan seperti pecah ban atau kerusakan mesin. Jadwal keberangkatan andapun harus anda pertimbangkan dengan baik. Terlebih jika anda akan menempuh perjalanan dengan jalan tol. Dilansir dari kompas.com antusiasme masyarakat menggunakan jalur tol untuk mudik ditahun ini, diperkirakan akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya layanan jalan tol baru, yang kini sangat diminati masyarakat untuk jalur lintas kota.

Sedangkan untuk biaya logistik atau akomodasi, anda dapat menentukan berapa hari kiranya anda mudik, bagaimana anda tinggal dan bagaimana anda mencukupi kebutuhan anda selama anda mudik. Apakah anda tinggal dirumah orang tua, kerabat, saudara atau anda memilih penginapan. Hal ini harus segera anda fikirkan, guna menunjang kenyamanan anda saat bermudik ria bersama keluarga, serta tentunya untuk mengatur berapa pengeluaran yang akan anda anggarkan.

Baca Juga  Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!

List pengeluaran pra mudik yang terakhir ialah pengeluaran khusus. Contohnya pengeluaran untuk uang Lebaran keluarga. Anda sebaiknya memikirkan betul siapa saja yang akan anda beri uang Lebaran ini dan berapa orang yang akan diberikan. Uang Lebaran inipun juga sebaiknya diberikan kepada yang lebih memerlukan.

3. Cashless

Saat anda mudik usahakan untuk sebisa mungkin meminimalisir pengeluaran yang bersifat tersier menggunakan uang tunai. Tanpa disadari uang tunai seolah menjadi patokan anda dalam mengalokasikan pengeluaran anda. Anda akan lebih cenderung tergoda untuk membeli sesuatu saat anda membawa uang tunai.

4. Buat List Pasca Mudik

Kita tahu bahwa selepas kita melakukan kegiatan mudik, kita akan kembali ke pekerjaan dan realitas kehidupan seperti biasa. Tentunya kebutuhan anda tak akan berhenti begitu saja pasca mudik. Maka dari itu, buatlah list keperluan pasca mudik anda. Kebutuhan apa saja yang kiranya anda perlu cukupi selepas anda mudik. Berapa anggaran yang anda perlukan dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan begitu anda akan dapat lebih bijak dalam mengalokasikan dana mudik anda.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 2)

 

Itulah beberapa cara cerdas mengatur keuangan mudik anda. Jika list ini telah anda susun dengan baik, andapun dapat mudik dengan nyaman dan tentuya tenang karena keuangan anda akan tetap aman terkendali. Jadi, siap mudik tahun ini?

Tinggalkan Balasan

4 Miliarder Ini Punya Hobi Murah

Yuk Intip Hobi 4 Miliarder Ini! Ternyata tak Sebanding dengan Hartanya Lho!

memilih investasi reksadana

Tips Memilih Investasi Reksa Dana Agar Menuai Keuntungan Tinggi (Part 2)