in

Yuk! Simak Kiat-kiat Sukses Anthony Tan, Pendiri Grab

Kiat-kiat sukses Anthony Tan, pendiri Grab

Anthony Tan adalah seorang pendiri bisnis baru atau startup decacorn, Grab. Iya, bukan lagi unicorn yang memiliki valuasi sebesar USD 1 miliar. Melainkan statusnya sudah decacorn yang mempunyai valuasi setidaknya USD 10 miliar. Status Grab yang sudah decacorn ini tertuang dalam riset Google-Temasek bertajuk e-Conomy SEA 2018 yang dipublikasikan 19 November 2018. Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Anthony Tan. Kira-kira kiat-kiat sukses apa saja yang bisa dipelajari dari Anthony ya?

Berkat semangat kerja dan kegigihannya, Anthony berhasil membawa Grab menjadi sukses hingga seperti ini. Anthony secara mandiri merintis usahanya dari nol meskipun ia dilahirkan dari keluarga pebisnis yang sukses. Dari pria yang berkebangsaan Malaysia ini, pasti kita bisa belajar mengenai prinsipnya dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis untuk mencapai puncak kesuksesan.
Dilansir dari Cermati, berikut pelajaran-pelajaran penting yang bisa Anda praktikkan dari kesukses Anthony Tan:

1. Gigih dan Pantang Menyerah

Anthony tidak bisa lepas dari image yang penuh dengan kegigihan. Sikap inilah yang mampu membawa Anthony pada kesuksesan. Anthony secara langsung terjun ke lapangan untuk bertemu dengan sopirnya secara langsung. Dia menghampiri beberapa tempat umum yang biasanya dijadikan pangkalan oleh mereka.

Baca Juga  3 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Tujuannya untuk terjun langsung ke lapangan adalah agar dapat memahami kendala atau persoalan-persoalan yang sering muncul di permukaan. Anthony akan mengevaluasi segala kendala yang biasanya ditemui agar bisnisnya bisa berkembang. Selain itu, ia juga pernah duduk sebagai admin di perusahaan yang dibangunnya tersebut. Hal itu dilakukannya untuk lebih memahi dan berkenalan secara langsung baik dengan karyawan maupun pelanggannya.

Kegigihannya dalam membuat dan membangun bisnisnya tentu patut diacungi jempol dan ditiru, bukan?

2. Berani Menantang Diri Sendiri

Nyatanya, terlahir sebagai keluarga pebisnis yang sukses tidak membuat Anthony menjadi seorang yang pemalas dan bermanja-manjaan. Bisa saja ia hanya duduk dibangku kepemimpinan dan menyuruh semua orang untuk bekerja demi dirinya.

Anthony lebih memilih untuk membuang egonya jauh-jauh, menantang dirinya sendiri dan melakoni apa yang diyakininya. Pria ini malah lebih memilih membuka usaha mandiri sendiri daril nol, yaitu Grab. Padahal dia bisa saja menjabat posisi yang tinggi di salah satu perusahaan keluarganya. Hal ini lah yang perlu ditiru yaitu membuat pribadi kita lebih tertantang untuk dapat berdiri sendiri.

Baca Juga  Tips Belanja Aman meskipun Diskon Meradang Menjelang Lebaran

BACA: 4 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan (Part 2)

3. Peduli terhadap Lingkungan Sekitar

Anthony merupakan figur pemimpin yang mendengarkan dan melihat secara langsung di lapangan. Dia tidak hanya duduk manis di tahtanya sebagai seorang bos besar.

Tentu dalam membangun sebuah bisnis banyak ditemukan kerikil-kerikil maupun batu besar di tengah perjalanan. Dalam hal ini Anthony terjun langsung ke lapangan dan mencari tahu berbagai masalahnya. Kepedulian seperti inilah yang diperlukan dan patut dicontoh dalam mengembangkan bisnis yang kita buat.

4. Berani Mengambil Risiko

Meninggalkan zona nyaman, jauh dari kemudahan yang tersedia dari keluarganya merupakan langkah besar dan berisiko yang diambil oleh Anthony. Keputusannya dalam membangun sebuah perusahaan dari nol patut diacungi jempol. Ditambah dengan keharusan dalam meyakinkan sopir-sopir untuk mengenal dan menggunakan aplikasi yang ia miliki merupakah hal yang tidak mudah.

Namun, itu semua sudah dilaluinya sehingga risiko yang telah ia ambil tersebut mampu mengembangkan bisnis yang ia garap hingga sukses seperti ini.

Baca Juga  Pertanyaan Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Baru (Part 2)

5. Mau Belajar dan Memperbaiki Kesalahan

Kesalahan yang ditemukan dalam berbagai bisnis yang dijalankan merupakan hal yang wajar. Namun, tak pelik kesalahan itu terkadang mampu menggiring bisnis yang dibangun menjadi surut dan bahkan gulung tikar.

Hal yang sama juga pernah dialami oleh Anthony, apalagi pada masa kelahiran Grab. Namun, menjadi pemimpin yang terbuka terhadap masukan dan mau belajar dari kesalahan sebelumnya merupakan jawaban dalam mengatasi masalah tersebut.

Anthony menjadikan setiap masalah merupakan pelajaran bukan sebuah hambatan. Selalu belajar hal-hal baru, belajar dari kesalahan sebelumnya hingga mampu membuat bisnis yang sukses seperti saat ini.

BACA: Bisnis Joki Game Online? Simak Dulu Tips-Tips Berikut

Tinggalkan Balasan

Alokasi Dana THR

4 Alokasi Tepat Pengeluaran Dana THR

Freelancer, Ayo persiapkan dana pensiun dari sekarang

Freelancer, Ayo Siapkan Uang Pensiun Dari Sekarang!