in

Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank? Wajib Simak Tips Berikut!

gaji kementerian

Anda orang yang tengah bersemangat membangun usaha baru? Namun masih enggan untuk meminjam modal usaha kepada bank? Wajar apabila seseorang harus berfikir ratusan kali untuk meminjam uang di bank. Beberapa alasan seperti beratnya ansuran yang harus dijalani, belum lagi resiko yang harus diterima. Namun tahukan anda jika sebenarnya anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa harus meminjam bank? Simak beberapa tips PikiranTrader berikut;

 

1. Pinjaman dari Orang Terdekat

Anda pastinya sadar bahwa anda tak hidup sendiri bukan? Anda memiliki kerabat dan orang-orang terdekat yang bisa membantu permasalahan anda. Orang-orang terdekat yang dimaksud disini ialah mereka yang biasanya sangat ingin melihat kemajuan dari diri anda, baik secara finansial maupun karakter.

Cobalah mengajukan pinjaman seperti pada sahabat, teman, orang tua, saudara, atau siapa saja yang menjadi orang terdekat anda. Bicarakan secara jelas bahwa uang yang dipinjam akan dijadikan modal usaha dan pastikan bahwa anda akan mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu. Timbulkan kepercayaan kepada mereka, bahwa anda adalah orang yang bertanggung jawab dan mampu mengembalikan uang yang dipinjam tepat pada waktunya.

Baca Juga  5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

 

2. Menjual Aset

Untuk mendapatkan modal tambahan, andapun dapat menjual beberapa aset dan barang berharga anda yang mungkin tidak terlalu terpakai. Cobalah lihat sekeliling dan perhatikan apakah ada aset dan barang berharga yang dapat dijual untuk menambah modal usaha anda. Barang-barang seperti gadget, sepatu dan tas branded, kamera, atau mungkin perhiasan yang anda miliki dapat dijual sementara sebagai penambah modal usaha. Memang terdegar sedikit nekat, namun fikirkan kembali jika usaha anda dapat berjalan lancar dikemudian hari. Tentunya tak sulit untuk membeli barang-barang yang sebelumnya telah anda jual tersebut.

Baca juga : Ingin memulai bisnis properti tanpa modal? Begini caranya.

 

3. Dijual Sayang? Gadaikan Saja!

Cara mendapatkan modal usaha yang ketiga ialah dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada. Jika Anda memang merasa belum rela untuk menjual aset ataupun barang-barang berharga yang anda dimiliki, cobalah untuk menggadaikan barang-barang tersebut.

Seperti yang diketahui, prinsip dari menggadaikan barang ialah anda hanya akan menitipkan sementara barang-barang anda ke kantor pegadaian, untuk kemudian ditebus kembali setelah pinjaman yang diberikan dilunasi. Bunga yang diberikan pegadaian juga relatif kecil dan tidak terlalu memberatkan. Segera setelah Anda berhasil mengembangkan bisnis, barang-barang berharga andapun dapat anda tebus dan akan kembali kepada anda.

Baca Juga  Investor, Waspada 8 Modus Pialang Berjangka Ilegal!

 

4. Tabungan

Opsi terakhir ini merupakan opsi yang dapat digunakan ketika anda tak terlalu terburu-buru untuk mendapatkan modal usaha. Yaitu dengan menabung sebagian penghasilan anda sendiri. Cobalah untuk menabung untuk modal usaha melalui gaji yang telah didapatkan setiap bulannya. Seperti contoh, jika anda membutuhkan modal usaha sebesar Rp 10 juta, sedangkan penghasilan anda setiap bulannya adalah Rp 3 juta, anda dapat menabung 1 juta per bulannya. Dalam kurun waktu 10 bulan saja anda sudah mendapatkan modal usaha anda. Mudah bukan?

Baca juga : Tips Lunasi Hutang untuk Anda yang Berpenghasilan Fluktuatif

Itulah beberapa tips untuk anda yang kini tengan bingung mencari modal usaha, namun enggan untuk meminjam di bank. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Hutang

Tips Lunasi Hutang untuk Anda yang Berpenghasilan Fluktuatif

Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffet

Yuk Intip Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffett!