in

Yuk Intip Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffett!

Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffet

Seiring berkembangnya jaman, investasi merupakan suatu kegiatan yang mustinya sudah dikenal dan dilakukan oleh setiap orang. Banyak orang di dunia ini sudah mulai sadar dan terdorong dengan kesadaran bahwa pentingnya berinvestasi untuk sukses dan selamat di masa depan. Dalam mencapai kesuksesan ini, kamu bisa mengintip tips cerdas investasi ala Miliarder Warren Buffet.

Siapa yang tidak kenal dengan miliarder satu ini? Buffet bahkan sudah menyandang status sebagai bapak investasi saham. Dari investasi, Buffet berhasil mendulang pundi-pundi uang hingga memposisikannya sebagai peringkat ketiga dari 400 orang terkaya Amerika 2018 versi Forbes.

Baca juga: Gawat! Tahun 2020 Millenials Diprediksi Melarat

Produk investasi yang ditawarkan bermacam-macam. Selain saham, ada juga investasi properti, emas, reksadana, tabungan berjangka, deposito, dan masih banyak lagi. Ivestasi di pasar modal dalam bentuk saham terkenal dengan high risk, high return.Dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan cara yang tepat untuk menggandakan uang.

Jika ingin keuntungan yang tinggi, maka dalam berinvestasi ini juga menuntut risiko yang tidak kecil pula. Dilansir dari Cermati, agar tetap aman dalam mengambil langkah setiap ingin menanam saham, simak tips cerdas berinvestasi ala Warren Buffet:

Baca Juga  Awas! Ini Hal-hal Sepele yang Membuat Investasi Anda Kacau!

1. Berpikir Logis

Saat kamu mengidamkan keuntungan terus-menerus, maka kamupun juga harus melakukan hal yang demikian. Pikirkan apakah hal yang kamu investasikan masuk akal atau tidak. Apakah perusahan tersebut memiliki masa depan yang cerah dan terjamin. Contohnya, berinvestasi pada perusahaan atau produsen makanan dan minuman karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

Jangan mudah tergiur dengan prediksi-prediksi yang tidak matang. Apabila ada kabar bahwa perusahaan ini bakal berkembang beberapa tahun ke depan, jangan mudah kalap dan memborong semua saham perusahaan tersebut. Stay logic until you get the market. Apabila perusahaan sudah terlihat memiliki pasar yang jelas, baru ambil langkah yang besar.

2. Kenali Bisnis dan Pengelolanya

Balik modal pasti menjadi motivasi tersendiri bagi para investor. Namun, Buffet menegaskan jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan yang besar atau minimum balik modal dengan cepat. Beberapa pebisnis pasti suka mengobral janji manisnya untuk menarik para investor agar menanamkan saham di perusahaannya.
Warren Buffet mengajarkan kita agar tidak menghabiskan uang dan waktu untuk sebuah bisnis yang tidak dikenalinya. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui seluk beluk bisnis dan pemilik atau pengelolanya. Agar dapat memprediksi seperti apa kinerja dan karakter mereka.

Baca Juga  4 Investasi Safe Haven Selama Corona Belum Mereda

Baca juga: Yuk Intip Hobi 4 Miliarder Ini! Ternyata tak Sebanding dengan Hartanya Lho!

3. Jangan Terpengaruh Headline Pemberitaan

Di Indonesia, sering sekali berita yang kurang enak di dengar malah cepat tersebar dan viral. Begitu juga halnya di dunia bisnis. Banyak sekali kabar burung yang bersliweran di media sosial, media massa, dan stasiun televisi. Misalnya CEO perusahaan X diisukan menjadi saksi kasus suap, lau berpengaruh pada sahamnya. Para investor berbondong-bondong menjual saham mereka karena takut harganya akan semakin anjlok.

Sebelum membuat keputusan seperti itu, akan lebih baik jika menganalisa dulu perkara atau isu yang tersebar. Jangan mudah percaya dengan berita di luar sana. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena setiap langkah dalam investasi membutuhkan analisa matang.

4. Jangan Hanya Fokus Ingin Segera Balik Modal

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebagai investor pasti sangat menginginkan modal yang ditanam segera kembali. Namun, ketergesa-gesaan inilah yang justru menjerumuskan. Kamu harus fokus pada strategi investasi secara berkelanjutan. Jangan melulu berpikir kapan balik modal, sehingga kamu kehilangan fokus pada tujuan sebenarnya. Jika kamu menanam saham pada perusahaan yang tepat, maka keuntungan akan menjemputmu. Dengan artian, modal pun akan kembali dengan cepat.

Baca Juga  Ketahui 4 Jenis Reksadana ini Sebelum Investasi

Mau menjadi Milliarder Seperti Waren Buffet? Segera Investasi!

Tinggalkan Balasan

gaji kementerian

Modal Usaha Tanpa Pinjam Bank? Wajib Simak Tips Berikut!

Kalah Pemilu, Berapa Miliar Saham yang Dijual Sandiaga Untuk Kampanye?