in

Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!

Habis lebaran, perhatikan keuangan

Hati riang gembira menyambut libur lebaran, dilengkapi dengan perasaan siap mudik bertemu dengan sanak keluarga. Apalagi gaji dan THR yang sudah di tangan setidaknya dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri. Begitu banyak sekali list kebutuhan yang harus terpenuhi. Lalu, bagaimana caranya agar keuangan tidak berantakan setelah mudik dan lebaran nanti? Dikutip dari Womantalk, lakukan 5 hal berikut ini, yuk!

1. Memisahkan gaji dan THR

Ligwina Hananto, Financial Management Consultant, menyarankan agar kamu memisahkan uang gaji dan THR. Menggunakan THR untuk hari raya . Sedangkan uang gaji bisa kamu manfaatkan untuk pengeluaran rutin setiap bulannya. Hal ini penting dilakukan agar gajimu tidak akan terkuras habis setelah pulang dari mudik. Apalagi mengingat banyak kebutuhan setelah pulang mudik yang harus dipenuhi.

2. Membuat anggaran untuk hari raya, mudik, dan setelah mudik

Langkah selanjutnya setelah memisahkan uang gaji dan THR adalah membuat anggaran. Karena hal ini penting untuk dilakukan agar keuangan tetap terkontrol dan aman. Memastikan setiap kebutuhan sehari-hari sudah bisa terpenuhi dengan uang gaji, seperti untuk bayar listrik, air, kebutuhan dapur, dan biaya yang lainnya. Kamu juga perlu memastikan agar uang THR tidak terpakai untuk keperluan bulanan. Jangan sampai uang yang dianggarkan rancu dan membuat semua planning berantakan.

Baca Juga  5 Investasi yang Booming dan Profitable di Indonesia

Baca juga: Menpar: Mudik Jadi Ajang Pemerataan Ekonomi Warga Daerah

3. Membuat rincian tagihan kartu kredit

Jika kamu termasuk pengguna kartu kredit, maka hal ini sangat perlu untuk disimak. Menjelang lebaran, pastinya sering shopping baik baju baru atau keperluan menjelang lebaran, bukan? Nah, jika kamu membayarnya dengan menggunakan kartu kredit, maka saat mendapatkan THR, kamu bisa melunasi tagihan kartu kredit dengan THR tersebut. Namun, perlu diingat! Batasi pengeluaranmu dan kurangi kebiasaan memakai kartu kredit. Agar tagihan tidak membengkak di belakang.

4. Mengalokasikan keuangan untuk anak

Setelah liburan lebaran, semester baru pun menyambut anak-anak. Pasti akan ada banyak kebutuhan sekolah yang perlu disiapkan. Contohnya uang sekolah, membeli buku pelajaran, peralatan sekolah, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan sampai setelah libur lebaran, kebutuhan sekolah untuk anak jadi teledor, ya!

Baca juga: Gawat! Tahun 2020 Millenials Diprediksi Melarat

5. Menunda kebutuhan yang tidak mendesak

Uang THR yang jumlahnya mampu membuat kalap, tentu ingin rasanya untuk membelanjakannya dengan barang ini itu, kan? Di tahap ini kamu harus pintar memilah-milah kebutuhan mana yang benar-benar mendesak dan penting. Jangan sampai kamu menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Setelah membuat anggaran dari setiap kebutuhan, akan lebih baik jika kamu fokus untuk kembali menabung dan berinvestasi.

Baca Juga  Pengaruh Inflasi Terhadap Nilai Uang

Tinggalkan Balasan

Merintis Bisnis Keluarga, Siapa Takut?

6 Jenis Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Gaji Pas-Pasan