in

Tips Megoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan ( Part 2)

keuangan pernikahan

5. Mulai Kurangi Biaya untuk Kencan!

Bila saat pacaran anda dan pasangan masih sangat sering menghabiskan waktu berdua untuk kencan, mulai sekarang kurangilah biaya untuk kencan. Anda dan pasangan sekarang sudah memiliki tujuan yang lebih penting daripada sebelum-sebelumnya. Ingat bahwa anda tengah berusaha mengoptimalkan keuangan pernikahan anda. Bayangkan saja bila anda dan pasangan harus menghabiskan Rp 100 ribu setiap kali kencan dan apabila dilakukan paling tidak 4 kali dalam satu bulan, maka khusus untuk kencan saja Anda dan pasangan harus menghabiskan uang sebesar Rp 400 ribu.

Bila anda mampu menabung Rp 400.000 setiap bulan hingga hari H pernikahan, katakanlah 10 bulan lagi, maka hingga hari H pernikahan, Anda dan pasangan bisa mengumpulkan Rp 4 juta hanya dari biaya kencan saja. Uang sebesar itu sudah bisa digunakan untuk membayar jasa fotografi maupun untuk biaya dekorasi bukan?

6. Gunakan Jurus “Harga Teman”

Bila biaya fotografer untuk Pre-Wedding hingga acara pernikahan biasanya menghabiskan biaya sekitar Rp 20 juta, coba pertimbangkan untuk menggunakan jasa teman atau kenalan anda yang pastinya bisa lebih murah lagi. Manfaatkan kekuatan “harga teman” untuk menekan pengeluaran. Dari biaya pemotretan yang berkisar Rp 20 juta dari vendor, dengan memanfaatkan jasa teman, anda bisa mendapatkan potongan harga ke tingkat terendah semisal hanya Rp 5 juta. Bahkan jika anda meminta jasa tema akrab anda, bukan hal tak mungkin biaya tersebut gratis asal ia diberi makan gratis.

Baca Juga  Bisnis Exchanger Yang Menguntungkan

Libatkan teman dan kenalan Anda sebanyak mungkin dalam kebutuhan pernikahan anda, di mana anda bisa mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik dan harga yang jauh lebih murah. Di sisi lain, yang menghadiri pernikahan anda nantinya adalah teman-teman dan kerabat lain sehingga pastinya lebih berkesan. Betul?

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan (Part 1)

 

7. Investasikan Dana yang Terkumpul Saat Ini

Seperti yang kita tahu bahwa investasi merupakan salah satu opsi terbaik untuk menyimpan sekaligus menganak pinakkan uang anda. Namun, jangan pernah menggunakan seluruh tabungan anda untuk diinvestasikan apalagi tanpa mempejari resikonya. Anda masih tetap harus menyediakan dana kas segar untuk keperluan mendadak sebagai dana darurat, dan sisanya bisa Anda investasikan agar nilainya bertambah.

8. Berburu Diskon & Manfaatkan Kartu Kredit

Anda juga harus memanfaatkan diskon-diskon seperti itu dengan rajin mencari informasi seputarnya atau menyempatkan waktu untuk meriset keperluan anda. Terkadang, kartu kredit ajuga bisa menyumbang potongan harga lewat promo yang diberikannya. Jangan lewatkan kesempatan tersebut!

Baca Juga  Pede (Ponsel Duit), Aplikasi yang Menjadi Solusi Finansial

Tapi tetap, anda harus pintar mengontrol pengeluaran lewat kartu kredit. Jangan berlebihan! Berburu diskon untuk pernikahan bisa dilakukan dengan cara berlangganan email di website-website berbagi voucher diskon atau website yang memang khusus menjual keperluan pernikahan. Seperti website weddingku.combridestory.com, atau website-website jasa wedding lainnya. Anda bisa memanfaatkan promo saat hendak membeli keperluan pernikahan.

Baca Juga : Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat

Itulah beberapa tips PikiranTrader untuk mempersiapkan serta mengoptimalkan keuangan pernikahan yang bisa anda terapkan. Dengan mencoba menerapkan beberapa tips di atas, kemungkinan besar anda dapat sedini mungkin mengatur keuangan serta mempersiapkan acara pernikahan anda dengan maksimal. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Ratas Investasi

Bagaimana Kelanjutan Ratas Investasi dengan Jokowi?

Wujudkan Mimpi Anda melalui Investasi