in

4 Cara Sederhana Menghemat Keuangan Bagi Anda Usia 20-an

Menghemat Keuangan

Masa muda merupakan masa yang penting untuk membiasakan hiduo hemat. Hidup hemat disi berarti bukanlahanda harus menjadi orang yang pelit, melainkan anda tak boros dalam mengelola keuangan anda. Menginjak usia 20-an, tentunya akan menjadi usia yang penuh tantangan dalam memanajemen keuangan. Hal ini tentunya karena pergaulan yang akan semakin mempengaruhi gaya hidup. Lalu bagaimana cara agar menghemat keuangan, khususnya bagi anda usia 20-an? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Menunda Pembelian

Anda bisa menggunakan metode ini dalam beberapa cara.. Yang pertama, anda bisa berlatih menahan diri untuk membeli sesuatu. Apabila anda adalah seorang pemboros yang tidak bisa menahan diri, cobalah untuk selalu berpikir sebelum membeli. Anda mungkin merasa tidak sungguh-sungguh menginginkannya, yang memungkinkan anda menghemat uang.

Kedua, menunggu beberapa waktu akan membuat anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Seiring barang yang diinginkan sudah bukan model terbaru lagi, biasanya harganya juga akan lebih turun dibandingkan harga pertama kali. Terlebih jika anda ingin membeli barang elektronik. Tunggulah sesaat hingga harganya turun. Jangan langsung membeli di saat barang tersebut baru saja launching.

Baca Juga  Butuh Dana Cepat, Lebih Baik Jual atau Gadai Emas?

2. Fokus Pada Hiburan Gratis

Anak muda biasanya akan sangat mudah tergoda untuk melakukan kegiatan mahal yang sama berulang-ulang. Seperti pergi menonton film, pergi makan malam di tempat mewah, pergi ke bar dan kegiatan-kegiatan lainnya. Jika ingin berhemat, cobalah untuk meminimalisirkan kunjungan anda ke tempat-tempat tersebut. Bila perlu, carilah hiburan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Misanya, menikmati live music gratis di mal atau menonton film-film gratis di internet.

Baca juga : 3 Hal Sepele Perusak Finansial Anak Muda

3. Jangan Malu Bawa Bekal

Dengan membawa bekal sendiri untuk makan siang anda, anda akan dapat lebih maksimal dalam berhemat. Dimana yang sebelumnya anda harus mengeluarkan Rp 20 ribu per hari, yang jika dikalikan dalam 5 hari berarti Rp 100 ribu per minggu. Dan dalam 1 bulan, anda dapat menghemat Rp 400 ribu, atau setara dengan Rp 4,8 juta dalam satu tahun. Bawalah bekal dari rumah dan simpan uang jatah makan anda untuk tabungan anda.

Baca Juga  Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman

4. Maksimalkan Angkutan Umum

Jika anda tinggal di kota, cobalah untuk memaksimalkan transportasi umum untuk menuju tempat tujuan. Hal ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran anda sehari-hari. Dengan menggunakan mobil atau kendaraan pribadi lebih jarang, maka anda juga akan menghemat uang untuk membayar uang tol, membeli bensin dan perawatan kendaraan anda.

Baca juga : Tips Megoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan ( Part 2)

Itulah empat cara sederhana untuk menghemat keuangan anda, khususnya bagi anda uia 20-an. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda untuk mengoptimalkan agenda berhemat anda.

Tinggalkan Balasan

Start up / umkm --- PuskoMediaIndonesia

4 Perbedaan Dasar UKM dan Start Up, apa Saja?

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam ke Bank