in

Tips Menjadi Mompreneur: IRT Merangkap Jadi Pengusaha Sukses

tips jadi mompreneur

Sebagai seorang wanita yang tentunya menyandang status sebagai ibu rumah tangga tentu tidaklah mudah. Banyak sekali tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang Ibu. Mulai dari mengurus anak, suami, rumah, memasak dan lain hal. Ketika seorang ibu memutuskan untuk membuka sebuah bisnis, maka diperlukan keahlian khusus untuk mengatur keuangan rumah tangga. Dikutip dari Womantalk, berikut tips yang dapat diaplikasikan oleh kamu yang memutuskan jadi mompreneur.

Baca juga: Apa Kabar Saham HERO Disaat 6 Gerai Giant Ditutup?

1. Pisahkan Rekening Sesuai dengan Kebutuhan

Seorang pakar dan perencana keuangan, Yosephine P. Tyas, mengatakan “Seorang ibu rumah tangga bisa mendukung penghasilan suami. Cara pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan keuangan keluarga dan usaha.” Yosephine menuturkan bahwa akan jauh lebih baik jika tabungan usaha dan keluarga dipisahkan. Jadi sebaiknya tabungan usaha dan kebutuhan keluarga dimasukkan ke dalam dua rekening yang berbeda.

Tujuan pemisahan rekening ke dalam setiap kebutuhan agar biaya hidup sehari-hari dan biaya berisnis tidak bercampur jadi satu dan semrawut . “Dari awal, kalau sudah mau memulai usaha, sebaiknya dibuat rekening terpisah. Misalnya, masukkan modal lima juta ke dalam rekening baru itu, nanti pengeluaran dan pemasukannya juga ditaruh di sana,” lanjut Yosephine.

Baca Juga  Berencana Membeli Mobil, Perhatikan Tips Berikut!

2. Mencatat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Setiap uang yang dikeluarkan dan setiap pendapatan yang masuk penting sekali untuk dicatat. Pastikan kamu mencatat keuangan. Sebab dengan adanya catatan tersebut, kamu bisa tahu pengeluaran kita apa saja.

Selain itu, ini juga bisa menjadi catatan pemasukan dan pengeluaran, apakah kita rugi atau tidak. Bila kita mengetahui biaya untuk kebutuhan rumah tangga, kita jadi tidak bingung apa saja yang sudah kita gunakan.

3. Mulailah Menabung dan Berinvetasi

Disamping kedua tips di atas, Yosephine juga menyarankan para Ibu di rumah yang sedang berbisnis untk mulai menabung dan melakukan investasi. “Lakukan financial check up sendiri dan pastikan 10% untuk ditabung,” ujarnya.

Tabungan dan investasi tentu memiliki kegunaan yang berbeda. Untuk jangka pendek, kita bisa menggunakan uang tabungan. Sementara untuk kebutuhan jagka panjang, akan lebih baik jika memulai investasi. “Investasi itu bisa bermacam-macam. Contoh, yang suka emas, boleh beli perhiasan, beli logam mulia, atau suka beli properti, tanah, belilah aset-aset yang nilainya bisa naik,” tutup Yosephine.

Baca Juga  7 Risiko Investasi Yang Wajib Anda Ketahui (1)

Baca juga: Simak Cara Mengatasi Kartu Kredit Overlimit Berikut!

Nah, itu dia tiga tips yang bisa membantu para mompreneur yang ingin berbisnis untuk membantu keuangan keluarga. Poin penting di sini adalah kemampuan dalam mengontrol keuangan dari hasil usaha kita sendiri. Jangan sampai besar pasak daripada tiang lho ya! Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

aktivitas orang sukses

Aktivitas yang Pantang Dilakukan oleh Orang Sukses Sebelum Tidur

pensiun

Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman