in

5 Anggaran yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Pergi Liburan

liburan

Kegiatan berlibur tentunya menjadi opsi pilihan untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Dengan berlibur tentunya dapat menjadi cara untuk menyegarkan kembali pikiran, sehingga kualitas diri dalam bekerja dapat kembali bugar. Anda merencanakan pergi liburan? Berikut 5 anggaran yang wajib anda siapkan, sebelum berlibur;

1. Anggaran Transportasi

Pada umumnya saat pergi berlibur, seseorang akan pergi menuju tempat-tempat pariwisata maupun tempat-tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Oleh sebab itu poin pertama anggaran wajib anda siapkan ialah anggaran transportasi. Anggaran ini meliputi biaya tiket pesawat, taksi, kereta api, dan angkutan umum lainnya.

Namun apabila anda menggunakan kendaraan pribadi atau berencana untuk menyewa kendaraan, jangan lupa untuk memperkirakan biaya bahan bakar. Periksa juga apakah lokasi wisata Anda dijangkau oleh layanan transportasi online, sebab jenis transportasi ini akan sangat membantu saat liburan dengan biaya yang cukup terjangkau.

2. Anggaran Konsumsi & Penginapan

Saat anda berlibur tentunya anda tak lagi memasak sendiri makanan yang akan anda konsumsi bersama keluarga. Terlebih jika waktu berlibur anda lebih dari satu hari, sudah pasti anda akan membeli makanan di resto maupun warung makan. Oleh karena itu penting untuk anda memperkirakan anggaran yang realistis, sesuai dengan kebiasaan anda makan bersama dengan keluarga. Anda bisa terlebih dahulu mencari menu makanan dan restoran secara online untuk meninjau harga menu yang sesuai dengan anggaran anda.

Baca Juga  Tips Hemat Membangun Rumah Baru

Dengan mengetahui harga makanan dan minuman di sebuah rumah makan, anda pun bisa dengan mudah menyesuaikan tempat makan yang akan dikunjungi saat liburan. Anda juga bisa membaca berbagai blog yang berisi tentang ulasan sebuah restoran dan pengalaman yang pernah dirasakan oleh pengunjung yang sebelumnya. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan pilihan rumah makan yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.

Selain itu juga anda harus cermat dalam mengatur anggaran penginapan selama anda berlibur, khususnya jika anda pergi berlibur lebih dari sehari. Anda dapat mengatur anggaran ini dengan mencari informasi i berbagai situs-situs online, penyedia jasa penginapan. Seperti trivago, trip.com, atau situs-situs lainnya. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk memilih tempat penginapan atau hotel, sesuai dengan budged liburan anda.

3. Anggaran Telepon & Internet

Anggaran yang tak kalah penting selanjutnya ialah anggaran untuk telepon dan internet. Hal ini penting untuk menjamin komunikasi anda dengan keluarga maupun saudara, saat anda pergi berlibur. Selain itu yang harus anda perhatikan adalah tidak semua kota atau lokasi wisata yang anda kunjungi menyediakan akses internet yang memadai untuk turis yang datang.

Baca Juga  Bisnis Anda Stagnan? Ini Solusinya!

Penting untuk mulai mempersiapkan paket internet untuk mencari informasi tentang tempat wisata, menggunakan peta untuk mencari lokasi dan berbagi momen dengan teman di media sosial. Jangan pernah melupakan anggaran biaya yang satu ini, meskipun terkesan sepele dan tidak terlalu penting.

Baca juga : 4 Tips Liburan Hemat Tanpa Menguras Kantong

 

4. Anggaran Selama Berlibur

Aktivitas yang akan anda lakukan di tempat wisata akan sangat mempengaruhi jumlah anggaran yang perlu dipersiapkan. Segera rencanakan aktivitas apa yang akan anda lakukan selama berlibur dan mulailah memperkirakan berapa jumlah biaya liburan yang akan dikeluarkan. Jangan sampai biaya aktivitas tersebut melampaui anggaran yang sudah anda tetapkan untuk transportasi, konsumsi dan lainnya.

Dalam anggaran inipun juga termasuk dalam biaya oleh-oleh. Tak lengkap rasanya jika anda berlibur jika tak membawa buah tangan, bukan? Oleh karena itu saat membeli oleh-oleh tidak perlu yang berharga mahal dan menghabiskan banyak uang, cukup beli barang yang menjadi daya tarik dan menjadi ciri khas di tempat yang anda kunjungi.

Baca Juga  Mengenal Kredit Multiguna, Keungulan & Jenisnya (Part 2)

5. Anggaran Tak Terduga

Anggaran yang terakhir yang juga tak kalah penting untuk anda siapkan ialah anggaran tak terduga. Hal ini untuk mengantisipasi kemunginan-kemungkinan terburuk selama anda berlibur bersama keluarga. Seperti contohnya ketika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan saat perjalanan mengalami kerusakan mesin atau pecah ban. Tentunya anda akan mengeluarkan biaa tambahan untuk mereparasi mobil anda. oleh karena itu jangan lupa siapkan anggaran ini, untuk mengamankan kegiatan berlibur anda.

Baca juga : Hendak Beli Smartphone Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut!

Itulah 5 anggaran wajib yang wajib anda siapkan sebelum berangkat untuk berlibur. Ingat, liburan bukanlah ajang untuk menghambur-hamburkan uang anda. Oleh karena itu gunakan uang anda dengan bijak, saat anda pergi berlibur. Semoga membantu.

 

 

Tinggalkan Balasan

pensiun

Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman

Ubah Rp 1.000 jadi Rp. 1

Bagaimana Persiapan Indonesia Ubah Rp 1.000 Jadi Rp 1?