in

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

keuangan pasangan muda

Bagi anda pasangan muda yang baru saja memulai rumah tangga, tentunya akan menghadapi beberapa hal baru khususnya dalam hal keuangan. Dalam hal mengatur keuangan keluarga baru, tentunya akan berbeda ketika anda belum menikah. Kali ini PikiranTrader akan memberikan beberapa tips cerdas mengatur keuangan, untuk anda para pasangan muda;

1. Diskusikan Segala Masalah & Perencanaan Keuangan dengan Pasangan

Poin pertama ialah dengan memulai mendiskusikan keuangan bersama dengan pasangan anda. Hal ini tentunya akan sedikit berbeda ketika anda merencanakan keuangan pribadi anda. Selain merencanakan keuangan bersama, anda juga harus mendiskusikan masalah keuangan anda dan pasangan anda bersama-sama. Ingat bahwa kini anda tak lagi hidup sendiri. Oleh karena itu penting untuk mengatur segala sesuatu keuangan anda dan pasangan secara transparan.

2. Gabungkan Pendapatan Anda dan Pasangan

Tips kedua ialah menggabungkan pendapatan anda dan pasangan, jika anda dan pasangan anda sama-sama bekerja. Hal ini penting dilakukan untuk menunjang keuangan keluarga baru anda, karena tentunya kini anda akan merasakan apa itu pengeluaran keluarga. Contohnya saja jika anda berencana untuk membeli properti seperti rumah ataupun mobil baru, menggabungkan pendapatan anda dan pasangan akan sangat membantu. Selain itu kegiatan menggabungkan pendapatan ini juga akan membangun rasa saling percaya kepada pasangan, sehingga rumah tangga anda tentunya akan semakin harmonis.

Baca Juga  Pengertian Margin Bebas dalam Trading Forex

3. Mengurangi Tagihan yang Tak Terlalu Diperlukan

Kurangi segala bentuk tagihan yang dirasa tak terlalu anda dan pasangan perlukan. Misalnya saja ketika anda memiliki tagihan TV kabel, sedangkan anda memiliki tagihan internet dirumah anda. Akan lebih hemat apabila anda menghapus tagihan TV kabel anda, karena anda dapat melakukan straming melalui internet anda. Dengan mengurangi tagihan-tagihan tersebut, tentunya anda akan memiliki dana lebih untuk tabungan anda.

Baca juga : Yuk Atur Keuangan Anda Bersama Pasangan!

4. Segera Lunasi Utang & Tanggungan!

Ketika anda telah memulai hidup baru bersama psangan, hal penting yang musti anda lakukan ialah segera melunasi utan dan tanggungan anda. Melunasi utang dan tanggungan penting dilakukan, mengingat segala bentuk keuangan anda harus terbagi dengan pasangan anda. Anda bisa mulai merencanakan jumlah pembayaran setiap bulan dari penghasilan yang didapatkan. Jangan pernah menunda pembayaran hutang, sebab beban bunga atas hutang tersebut akan semakin tinggi dan bisa membebani keuangan anda dan keluarga.

Baca Juga  5 Pemikiran Tentang Keuangan yang Harus Dimiliki

 

5. Membuat Tabungan Bersama

Hidup bersama pasangan tentunya membutuhkan dana simpanan untuk mempersiapkan kebutuhan keluarga dimasa yang akan datang. Oleh karena itulah penting untuk anda dan pasangan, untuk membuat tabungan bersama. Dengan membuat tabungan bersama, akan memudahkan anda untuk menglokasikan simpanan uang anda bersama pasangan.

6. Membiasakan Gaya Hidup Hemat

Membiasakan gaya hidup hemat dan tidak konsumtif sangatlah penting anda terapkan bersama pasangan. Hidup hemat disini bukan berarti anda harus hidup pelit, melainkan anda harus lebih selektif dalam mengalokasikan keuangan anda bersama pasangan. Dengan gaya hidup yang hemat, anda bersama pasangan akan lebih siap, jika suatu saat merasakan keuangan keluarga yang buruk.

Baca juga : Pertimbangan Penting Sebelum Anda Resign Dari Pekerjaan

Itulah tips cerdas mengatur keuangan untuk anda para pasangan muda. Semoga dapat menjadi acuan untuk anda, dalam belajar mengatur keuangan keluarga baru anda.

Tinggalkan Balasan

pensiun produktif

Lakukan Hal Produktif Ini Saat Anda Memasuki Masa Pensiun

Bolehkah Anda Memulai Bisnis dengan Teman?