in

Ingin Kredit Mobil? Baca Syarat-syarat Berikut

syarat kredit mobil

Saat ini terdapat suatu fenomena nyata yang terjadi di pasar mobil di Indonesia, yang mana dari tahun ke tahun permintaan akan transportasi mobil semakin bertambah. Tingginya daya beli masyarakat akan transportasi mobil dimanfaatkan oleh lembaga keuangan. Kini banyak lembaga keuangan yang memanfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan jasa pembelian mobil baru atau bekas.

Lembaga keuangan menawarkan berbagai kemudahan kepada Anda yang ingin segera memiliki moda transportasi roda 4 ini.

Jadi, kalau Anda yang memiliki budget terbatas alias tidak perlu besar, jangan khawatir lagi. Lembaga keuangan akan membantu Anda dengan sistem kredit. Sistem kredit adalah dimana Anda bisa segera mendapatkan mobil tanpa harus menunggu uang terkumpul.

Sistem kredit ini sangat diminati oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar. Dan kini, hampir semua lembaga pembiayaan sudah bisa membantu Anda mendapatkan hampir semua jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia.

Dilansir dari Simulasi kredit salah satu faktor penyebab meningkatnya peminat mobil adalah dukungan pemerintah akan low cost and green car , sebutan untuk mobil murah dan ramah lingkungan. Harga mobil yang relatif terjangkau ini ampuh untuk menarik minat masyarakat dari kalangan menengah untuk mengikuti sistem kredit mobil. Uang yang perlu mereka siapkan hanya uang DP untuk mendapatkan mobil yang mereka inginkan. Sisa pembayaran dapat dicicil selama beberapa tahun sesuai dengan kesepakatan di awal.

Baca Juga  Hal-hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kredit Tanpa Agunan (Part 1)

Misalnya saja, Anda ingin membeli mobil dengan hargaRp 100 juta rupiah dengan DP 20 persen selama 5 tahun. Maka uang muka yang perlu Anda bayarkan adalah Rp 20 juta dengan biaya angsuran per bulannya sebesarRp  1,33 juta rupiah.

Tidak terlalu memberatkan, bukan? Namun, sebelum memutuskan untuk kredit mobil, Anda perlu mempertimbangkan besaran biaya angsuran bulanan tersebut. Bandingkan biaya angsuran dengan jumlah penghasilan Anda per bulannya. Oleh karena itulah, sebelum memutuskan untuk kredit mobil, Anda membutuhkan kalkulasi dan perencanaan yang matang.

Baca juga: Kredit Mobil Lewat Bank atau Leasing? Fahami Dulu Hal-Hal Berikut.

Syarat pengajuan kredit mobil

Nah, sampai di sini mungkin Anda penasaran apa saja syarat-syarat umum pengajuan kredit mobil. Berikut ini syarat-syarat yang biasa ditetapkan.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal di Indonesia’
  2. Berusia antara 21 sampai 60 tahun ketika kredit lunas
  3. Pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulan

Ketiga syarat di atas adalah syarat umum yang biasanya diminta oleh lembaga pembiayaan. Namun, untuk menunjukkan bahwa Anda sudah memenuhi syarat-syarat di atas, Anda juga perlu menyertakan berbagai macam dokumen, berikut ini adalah dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan :

  1. Kartu identitas (KTP, SIM, Passport)
  2. Slip gaji
  3. Kartu keluarga (KK)
  4. NPWP
  5. Bukti pajak bangunan atau rekening listrik
  6. Tagihan kartu kredit untuk tiga bulan terakhir bagi yang memiliki
  7. Akta pendirian perusahaan dan SIUP bagi pengusaha
  8. Keterangan izin praktik bagi profesional
Baca Juga  Panduan Mudah Daftar Adsense Melalui Akun Youtube

Naah, itulah beberapa syarat umum yang harus Anda persiapkan ketika hendak mengajukan kredit mobil. Pastikan Anda sudah memikirkannya dengan matang sebelum mengajukan kredit.

Baca juga: 5 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Terbaik untuk Anda

Tinggalkan Balasan

menjadi orang kaya

Bermimpi Menjadi Orang Kaya? Hindari 7 Hal ini!

tips investasi properti

Tips Cerdas Investasi Properti yang Wajib Kamu Ketahui