in

3 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Sering disingkat juga sebagai MA, Moving Average adalah indikator analisis teknikal yang paling sering digunakan karena bisa dibilang paling sederhana dibandingkan indikator lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, persaingan dalam dunia bisnis tentunya juga akan semakin ketat. Oleh karena itu, penting bagi anda sebagai pelaku bisnis untuk meningkatkan daya saing bisnis anda. Lalu bagaimana caranya? Kali ini PikiranTrader akan mengulas 3 cara sederhana untuk meningkatkan daya saing bisnis anda.

1. Asah Jiwa Kepemimpinan Anda

Cara pertama untuk meningkatkan daya saing bisnis anda ialah mulai dari diri anda sendiri, yaitu dengan selalu megasah jiwa kepemimpinan anda. Menjadi seorang pemimpin tentunya tidak hanya dituntut untuk mampu mengatur, tapi juga mampu mengambil keputusan penting yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Oleh karena itu kembangkan diri anda dengan aktif mempelajari hal-hal baru, seperti misalnya mengikuti pelatihan, seminar ataupun organisasi bisnis, yang tentunya akan sangat membantu anda untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan anda.

Baca juga: Halo Bos! Lakukan 4 Hal ini Agar Karyawanmu Betah

2. Jangan Ragu Mencoba Segmen Baru

Jika segmen anda sebelumnya telah berhasil, maka jangan ragu untuk mencoba segmen yang baru. Cari segmen yang masih berhubugan atau masih ada kaitannya dengan segmen anda sebelumnya. Selain akan meningkatkan daya saing bisnis anda, dengan mengembangkan sayap pada segmen yang baru, tentunya akan membuka peluang anda untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga  4 Tips Mengelola Keuangan Ala Jepang

Misalnya saja jika sebelumnya anda telah sukses membuka bisnis kuliner, anda bisa membuka bisnis lain yang bisa saling mendukung, misalnya bisnis cafe atau yang lainnya. Usahakan pula agar segmen bisnis yang baru berada di luar zona nyaman anda, sehingga secara tak langsung anda akan aktif untuk terus belajar untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Tak Perlu Kuliah! 4 Kutipan Bob Sadino, Untuk Para Pebisnis Muda

3. Selalu Prioritaskan Kepuasan Konsumen

Seiring ketatnya persaingan di dunia bisnis, maka andapun dituntut untuk semakin memprioritaskan kepuasan konsumen anda. Hal ini sangatlah penting untuk anda lakukan, tentunya agar para konsumen anda tak beralih dari anda. Fikirkan hal-hal kecil yang sekiranya dapat semakin memuaskan konsumen anda. Misalnya saja ketika anda memiliki bisnis kafe, anda dapat menyediakan layanan Wi-Fi dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada rival bisnis anda. Dengan begitu konsumen anda tentunya akan lebih betah untuk berlama-lama di kafe anda bukan?

Baca juga: Peluang Bisnis Menjanjikan Menjelang Idul Adha

Baca Juga  3 Fintech Syari'ah di Indonesia

Itulah 3 cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya saing bisnis anda. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

cara mengatasi metatrader yang tidak terhubung

Belasan Jenis Kelebihan Metatrader. Apa Saja?

usaha sarang burung walet

Usaha Sarang Burung Walet? Begini Perhitungan Pajaknya!