in

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulis Deskripsi Produk Toko Online

Deskripsi Produk Toko Online, Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulisnya

Deskripsi produk toko online adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk yang Anda jual. Namun kadang hal ini luput dari priorita pemilik toko online, sehingga deskripsi produk mereka terkesan biasa saja dan kurang menarik minat pelanggan.

Agar pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda, hindari 4 kesalahan saat menuliskan deskripsi peroduk berikut ini;

1. Menggunakan Susunan Kalimat yang Sulit Dipahami

Hindari penggunaan kalimat yang melenceng dari Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) agar pembeli tidak bingung saat membaca deskripsi produk. Selain itu, penulisan deskripsi produk berdasarkan EYD juga menunjukkan Anda profesional dan menjaga kredibilitas.

Baca juga: 4 Produk yang Paling Laris di Online Shop

Sah-sah saja jika Anda mengganti satu atau dua kalimat baku menjadi kalimat gaul. Namun, dengan syarat, kalimat tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami oleh semua kalangan.

2. Terlalu Fokus pada Manfaat Sehingga Fitur Produk Terabaikan

Pembeli berharap agar produk yang dibelinya memberikan manfaat maksimal. Namun, jangan hanya fokus pada penyampaian manfaat saja. Anda perlu mencantumkan fitur produk sebagai bentuk referensi kepada pembeli.

Baca Juga  4 Perbedaan Dasar UKM dan Start Up, apa Saja?

Baca juga: 4 Tipe Konsumen Online Shop, Apa Saja?

Misalnya, harga produk A sulit dijangkau oleh mahasiswa, Anda dapat menyertakan referensi produk B atau C dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa menyampaikan cara kerja suatu fitur sehingga pembeli semakin terbantu saat mengambil keputusan.

3. Tidak Mencantumkan Informasi Tambahan

Informasi tambahan berupa metode pengiriman, waktu pengiriman, dan Q & A (Question and Answer) perlu dicantumkan agar pembeli mendapatkan informasi yang lengkap. Misalnya, dengan menambahkan pilihan jasa pengiriman, pembeli dapat memperhitungkan biaya pengiriman yang akan dibebankan pada produk yang ingin dibeli.

Sematkan informasi tambahan di bagian paling bawah dari kolom deskripsi, namun pastikan agar informasi tersebut mudah dijangkau

4. Deskripsi Produk Tidak Bersifat Persuasif

Kebanyakan penjual hanya fokus pada spesifikasi dan manfaat dari produk tanpa memerhatikan penggunaan kalimat yang bersifat persuasif. Tidak dapat dimungkiri, sebagian pembeli harus dirayu agar mau membeli suatu barang.

Gunakan kalimat persuasif yang tidak bertele-tele, namun memiliki nilai sentimentil yang dapat meningkatkan ketertarikan pembeli terhadap suatu produk.

Baca Juga  Apakah Mahasiswa Bisa Melakukan Trading Saham?

Sajikan Konten yang Masuk Akal

Selain memerhatikan penulisan deskripsi produk, Anda juga perlu memerhatikan konten yang diunggah. Pastikan konten tersebut masuk akal sehingga tidak menimbulkan keraguan pada pembeli. Apabila kalimat yang digunakan kurang pas, jangan ragu untuk mengedit kalimat tersebut agar deskripsi produk lebih informatif dan dapat mewakili produk secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Tak ada salahnya jika sedari kecil anak-anak sudah diajak untuk melek berbisnis, meski dengan cara yang masih sederhanaz mempercayakan uang saku, misalnya

Cara Mengajarkan Berbisnis kepada Buah Hati

6 Cara Mengatur Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas