in

Merekrut Karyawan Rumah Makan? Wajib Penuhi 4 Kriteria Berikut!

merekrut karyawan

Dalam membangun suatu usaha kuliner seperti rumah makan, tentunya dibutuhkan kerja sama tim yang mumpuni. Mulai dari memenuhi kebutuhan dapur, memasak sajian makanan, hingga pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu penting untuk anda para pengusaha rumah makan, untuk selektif dalam memilih dan merekrut para pekerja atau karyawan. Lalu apa saja kiranya kriteria yang wajib dimiliki para calon karyawan anda? Simak ulasan PikiranTrader berikut ini.

1. Rajin dan Memiliki Semangat Kerja

Dalam menjalankan usaha rumah makan, poin terpenting tentunya anda dituntut untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan. Misalnya saja selalu on time dalam segi pelayanan. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk anda memiliki karyawan yang memiliki sifat yag rajin. Apalagi jika usaha rumah makan anda sudah mulai dikenal banyak orang, pastinya akan semakin banyak pelanggan yang akan datang silih berganti. Dengan begitu setiap karyawan harus mampu menyelesaikan tugasnya dalam melayani konsumen dengan maksimal. Hal ini tentunya juga akan dapat terlaksana, apabila karyawan anda  memiliki semangat kerja yang tinggi.

Baca Juga  6 Pedoman Bisnis Orang Jepang yang Harus Anda Tiru

Baca juga: Halo Bos! Lakukan 4 Hal ini Agar Karyawanmu Betah

2. Memiliki Passion Kuat di Bidang Masakan

Ingatbahwa usaha yang anda jalankan adalah rumah makan, secara otomatis andapu harus memperhatikan passion para calon karyawan anda. Utamakan memilih karyawan yang memiliki passion kuat terhadap masakan. Merekrut karyawan yang seperti itu merupakan hal yang sangat baik. Sebab passion sangat erat kaitannya dengan kesenangan seseorang. Itu artinya apabila seseorang bekerja sesuai passionnya, secara otomatis pekerjaan akan dijalan dengan sungguh-sungguh dan hasilnya juga tentunya akan maksimal.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Saing Bisnis

3. Selalu Mengutamakan Kebersihan

Setiap usaha kuliner seperti rumah makan, kebersihan tentunya menjadi nomor satu. Kebersihan dalam hal ini ialah kebersihan baik dari segi lingkungan hingga kebersihan masakan. Carilah karyawan yang memiliki kebersihan yang cukup baik. Hal ini dapat anda lihat dari bagaimana ia berpenampilan sehari-hari.

4. Jujur & Bertanggung Jawab

Poin wajib terakhir ialah jujur dan bertanggung jawab. Percuma saja bila anda menemukan seseorang yang bekerja dengan bagus, namun tidak jujur dan bertanggung jawab. Misalnya, ketika anda merekrut karyawan untuk bagian bahan dapur, lalu orang tersebut ternyata tak jujur dan akhirnya mengambil uang belanja untuk keperluan pribadinya tanpa sepengetahuan anda. Tentunya hal ini hanyai akan merugikan anda bukan? Oleh karena itu poin kejujuran dan tanggung jawab harus benar-benar anda perhatikan ya..

Baca Juga  5 Anggaran yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Pergi Liburan

Baca juga: Memulai Bisnis Laundry? Kenali Beberapa Kendala Berikut Ini

Itulah 4 kriteria wajib yang harus dipenuhi, apabila anda hendak merekrut karyawan untuk usaha rumah makan anda. Anda dapat melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menempatkan calon karyawan tersebut sesuai dengan bidang keahliannya. Apabila dalam menjalankan masa uji coba tersebut dapat memenuhi 4 kriteria tersebut, maka jangan ragu untuk merekrutnya sebagai karyawan anda. Semoga tips diatas membantu.

Tinggalkan Balasan

10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2019

investasi asing

Investor Asing Tidak Melirik Lagi Sektor yang Penuh Tenaga Kerja, Kok Bisa?