in , ,

Cryptocurrency Trading bagi Pemula – Part 2

Setelah memahami faktor-faktor penting dalam cryptocurrency trading, seorang trader pemula perlu menyusun langkah strategis sebelum terjun ke dalam perdagangan mata uang digital ini. Langkah-langkah ini tertuang di dalam sebuah cryptocurrency trading plan sebagai berikut.

Tujuan dan gaya trading

Penetapan target trading menjadi titik awal cryptocurrency trading plan Anda. Sebagai pemula, Anda disarankan untuk menakar baik kemampuan dan memasang tujuan realistis, yaitu angka terukur dan rasional untuk Anda capai. Setelah itu, Anda bisa memilih gaya trading yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa gaya trading yang dapat Anda pertimbangkan di antaranya:

  • Trading melalui produk derivatif, seperti binary options, spread betting, atau CFD. Keuntungannya, Anda dapat berspekulasi pada harga tanpa harus memiliki mata uang tersebut.
  • Trading melalui exchange, di mana Anda membeli aset digital tersebut dan menyimpang dalam dompet digital hingga Anda siap menjual kembali. Kelemahannya, akan ada biaya yang harus Anda tanggung dan tiadanya proteksi terhadap peretasan bagi mata uang kripto yang tidak teregulasi. Untuk menangani hal ini, Anda perlu memilih broker tepercaya dan punya tingkat proteksi baik.
Baca Juga  Bisakah Metode Trading Sederhana Mendapatkan Banyak Keuntungan?


Strategi trading

Menghadapi pasar dengan volatilitas tinggi, sebaiknya Anda menyiapkan variasi strategi dalam cryptocurrency trading. Metode umum seperti day trading membutuhkan kejelian dan keterampilan Anda dalam menentukan kapan memulai dan berhenti. Begitu pula scalping yang mengumpulkan sedikit demi sedikit keuntungan dalam perdagangan volume besar.
Strategi lain yang dikutip dari situs IG, sebuah broker ternama, dengan contoh penerapan pada bitcoin adalah:

  • Hodling, yaitu menahan nilai dalam jangka panjang
  • Hedging, yaitu menjual dengan harapan harga menurun di masa depan
  • Trend trading yang didasarkan pada titik tertinggi maupun terendah pada tren terkini
  • Breakout, yaitu memasuki pasar sedini mungkin demi membuat terobosan pada tren terprediksi.


Manajemen risiko

Mengingat pasar cryptocurrency yang sangat labil dengan harga fluktuatif, manajemen risiko sangat disorot, terlebih pada trader pemula. Anda sangat dianjurkan untuk disiplin dalam menerapkan stop and loss (menetapkan angka penjualan apabila nilai mata uang menurun sebagai upaya perlindungan) dengan standar yang ditetapkan sesuai kemampuan sendiri, bukan semata bergantung pada penawaran broker. Kenali baik harga pada titik mulai dan berhenti, patuhi angka tersebut sebagai batasan.
Mengambil keuntungan pada sebuah interval tetap juga akan membantu Anda mengelola risiko trading. Hindari tergoda untuk mengejar ketertinggalan dengan menggandakan angka perdagangan begitu saja. Teruslah memantau pergerakan pasar melalui pemberitaan dari sumber reliabel dan tidak terbawa emosi begitu saja tanpa perhitungan teknikal jelas.

Baca Juga  Pertanyaan Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Baru

Dengan tingkat kesulitan dan risiko lebih tinggi, cryptocurrency trading tak lantas menjadi sebuah opsi untuk dihindari dan ditakuti. Trading cerdas dan cermat menjadi kunci untuk mampu menaklukkan aset digital berpotensi besar ini.

Tinggalkan Balasan

Pola Ascending Triangle yang Harus Diketahui Trader

Pola Ascending Triangle yang Harus Diketahui Trader

Cryptocurrency Wallet: Penyimpanan Uang Digital – Part 1